Interior Ruang Kelas Sekolah Dasar Dengan Pendekatan Konsep Permainan Tradisional Pada Program Full Day School Di Malang

Fernanda, Gentha (2014) Interior Ruang Kelas Sekolah Dasar Dengan Pendekatan Konsep Permainan Tradisional Pada Program Full Day School Di Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Program pendidikan formal pada tingkat Sekolah Dasar (SD) di Indonesia semakin berkembang, misalnya saja dengan adanya program full day school, yaitu sekolah dengan proses belajar mengajar yang diberlakukan mulai pagi hingga sore hari. Full day school memberikan efek positif, yaitu anak-anak akan lebih banyak belajar dari pada bermain. Namun diperlukan suasana belajar yang menyenangkan agar anak-anak dapat menikmati waktu belajar mereka dan tidak menganggap bahwa ruang kelas adalah sebuah ruang yang membosankan. Suasana pembelajaran yang menyenangkan, secara arsitektural dapat diwujudkan melalui rancangan interior ruang kelas. Interior ruang kelas pada full day school harus diperhatikan dan disesuaikan dengan karakter anak. Masa-masa Sekolah Dasar (SD) identik dengan masa bermain. Permainan yang memiliki nilai-nilai edukatif yang tinggi dapat ditemukan pada Permainan Tradisional. Manfaat dan konsep permainan tradisional inilah yang akan diterapkan secara arsitektural pada interior ruang kelas. Tahapan pengerjaan dimulai dengan pemaparan kondisi eksisting objek desain dalam skala tapak, ruang, dan bangunan. Hasil dari pemaparan ini kemudian dianalisa untuk menghasilkan keputusan-keputusan desain untuk menyelesaikan permasalahan arsitektural yang terkait dengan perancangan ruang kelas. Tahapan selanjutnya adalah analisa interior berdasarkan konsep permainan tradisional dan karakter ruang kelas. Hasil dari kedua analisa tersebut kemudian disimpulkan ke dalam kriteria desain yang akan diterapkan ke dalam interior ruang kelas. Tahapan terakhir adalah menganalisa unsur dan prinsip interior sesuai dengan tema ruang kelas yang dihasilkan dari kriteria desain. Mengutamakan aspek perkembangan anak baik dari segi kognitif, afektif dan psikomotorik melalui pendekatan konsep permainan tradisional menjadi dasar utama dalam perancangan ruang kelas. Setiap ruang kelas akan menghasilkan tema interior dan karakter ruang yang berbeda sesuai dengan tahapan usia anak pada masing-masing kelas.

English Abstract

Formal education program of elementary grade in Indonesia developes well day by day. One of the development is the using of fullgay school program which creates the duration of the learning process from the morning to the afternoon. It will give positive effects for children will learn more and play less. But it needs fun learning atmosphere, so that they will enjoy studying time and not being bored in the classroom. The fun atmosphere can be obtained architectually through designing classrooms interior which is suitable with the children characters. Elementary school students are identical with play moment. Traditional games have many positive education for the children. The traditional games concepts and benefits itself will be applied architecturally to the classroom interior. The working procedure is first describing the existing condition of the design object in the context of site and space. The result of the description will be analyzed to produce the design determination to solve the architectural issues which are related to the classrooms design. Furthermore, the next procedure are analyzing the interior design criterias based on Traditional Games Concept in each classroom (children characters based on each age stages). The result of the analyzes are concluded into the final interior design criterias which are going to be applied into the classroom interiors. The last procedure are analyzing the interior elements and principles acccording to each theme of classrooms which is obtained from the design criteria. Accentuating the application of physical, cognitive, sosio-emotional aspects becomes the basic priority in designing the classcrooms. Each classroom results different interior themes and different space characters in according to the children’s age stage in each classroom

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/716/051408316
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 690 Construction of buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 29 Dec 2014 09:31
Last Modified: 09 Mar 2022 07:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143050
[thumbnail of SKRIPSI] Text
SKRIPSI

Download (13MB)

Actions (login required)

View Item View Item