Kesalahan Penggunaan Aspek dalam Karangan Bahasa Jepang (Sakubun) Mahasiswa Program Studi S1 Sastra Jepang Universitas Brawijaya Angkatan 2014.

Suroidah, Anis (2017) Kesalahan Penggunaan Aspek dalam Karangan Bahasa Jepang (Sakubun) Mahasiswa Program Studi S1 Sastra Jepang Universitas Brawijaya Angkatan 2014. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam karangan bahasa Jepang Mahasiswa sering ditemui beberapa kesalahan dalam penggunaan Aspek. Jenis kesalahan yang terjadi umumnya penggunaan bentuk ~Suru, bentuk ~Shita, bentuk ~Shite iru dan bentuk ~Shite ita. Jenis kesalahan ini dapat mengakibatkan adanya kekeliruan dalam memahami konteks kalimat dan paragraf secara utuh. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesalahan penggunaan aspek dan menguraikan faktor-faktor yang melatarbelakangi terjadinya kesalahan penggunaan aspek dalam karangan bahasa Jepang Mahasiswa Program Studi S1 Sastra Jepang Universitas Brawijaya Angkatan 2014. Teori yang dijadikan acuan dalam penelitian ini adalah teori Nitta yang mengelompokkan aspek kedalam empat jenis dan teori Ishida tentang jenis kesalahan dalam sakubun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara teknik baca dan catat, dokumentasi dan wawancara. Responden dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Program Studi S1 Sastra Jepang Universitas Brawijaya Angkatan 2014 yang melakukan kesalahan dalam penggunaan aspek pada karangan bahasa Jepang (sakubun). Hasil penelitian ini adalah dari 16 kalimat ditemukan empat jenis kesalahan dalam penggunaan aspek yaitu: kesalahan penggunaan aspek perfectif (kanryouso) pada bentuk ~te shimau, aspek kontinuatif (keizokuso) pada bentuk ~te iru, aspek resultatif (kekkaso) pada bentuk ~te iru, dan aspek durative (jizokuso) pada bentuk ~te iru. Selain itu, peneliti juga menemukan faktor yang melatarbelakangi terjadinya kesalahan penggunaan aspek yaitu: kedwibahasaan responden (interferensi), pengetahuan tentang aspek bahasa Jepang masih sedikit, pemilihan pola kalimat dan penguasaan kosakata bahasa Jepang, minat belajar terhadap bahasa Jepang serta terbawanya kebiasaan menggunakan bahasa Ibu. Diharapkan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai salah satu pertimbangan dalam menentukan metode atau media pembelajaran yang tepat tentang karangan bahasa jepang (sakubun) yang baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FBS /2017/331/051705153
Uncontrolled Keywords: Kesalahan, aspek, sakubun, Mahasiswa Sastra Jepang
Subjects: 400 Language > 495 Languages of east and southeast Asia > 495.6 Japanese > 495.65 Japanese (Grammar)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Jul 2017 08:45
Last Modified: 06 Dec 2021 02:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/143
[thumbnail of Anis Suroidah.pdf]
Preview
Text
Anis Suroidah.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item