Perancangan Ulang Bangunan Hanggar Maintenance Pesawat Terbang Milik Pt. Pelita Air Service Di Pondok Cabe

Putra, GalanicoRihardiAdali (2014) Perancangan Ulang Bangunan Hanggar Maintenance Pesawat Terbang Milik Pt. Pelita Air Service Di Pondok Cabe. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertumbuhan moda transportasi udara nasional dewasa ini sangat signifikan. Hal ini dapat disadari oleh antusiasme masyarakat terhadap perusahaan penerbangan dalam mengembangkan rute-rute penerbangan baik Domestik maupun Internasional. Menurut Kementrian Perhubungan Republik Indonesia, berdasarkan data statistik pada tahun 2009 dan 2010 menunjukan, "Jumlah penumpang angkutan udara niaga berjadwal Domestik meningkat sebesar 17,12% hingga 18,19%. Sedangkan, jumlah penumpang angkutan udara niaga berjadwal Internasional meningkat sebesar 21,98% hingga 32,19%". Peningkatan permintaan akan jasa ini melatar belakangi perusahaan-perusahaan penerbangan dalam meningkatkan jumlah armada pesawat terbang guna memenuhi kebutuhan dalam mengekspansi rute-rute penerbangannya. Tidak hanya itu, perusahaan penerbangan berbasis ekonomis atau Low-Cost Carrier (LCC) sudah mulai merebak dan bermunculan. Dari peningkatan-peningkatan tersebut, menyebabkan meningkatnya pula sektor perawatan dan pemeliharaan terhadap armada-armada pesawat terbang milik perusahaan penerbangan, yang dimana, fasilitas perawatan dan pemeliharaan merupakan pengeluaran terbesar ketiga yang harus dikeluarkan oleh perusahaan penerbangan setelah bahan bakar dan tenaga kerja. Bangunan hanggar maintenance merupakan sebuah bangunan yang digunakan untuk mewadahi kegiatan perawatan dan pemeliharaan pesawat terbang. Di Indonesia terdapat tiga perusahaan penerbangan yang mengoperasikan fasilitas ini, diantaranya yaitu, PT. Garuda Indonesia dengan hanggar Garuda Maintenance Facillity -nya, PT. Merpati Airlines dengan hanggar Merpati Maintenance Facility (MMF), dan PT. Pelita Air Service (PAS) dengan hanggar maintenance -nya yang terletak di lapangan terbang pondok cabe. Saat ini, bangunan hanggar maintenance PT. PAS melayani fasilitas tersebut untuk perusahaan penerbangan domestik saja. Namun, terdapat beberapa permasalahan yang cukup signifikan dalam mendukung fasilitas tersebut diantaranya adalah permasalahan pada kapasitas daya tampung pesawat terbang di dalam ruang hanggar, fasilitas perawatan dan pemeliharaan yang sudah tidak mumpuni, dan terakhir bangunan yang sudah tua dan tidak tepat guna dikarenakan bangunan hanggar sudah berdiri semenjak 1984. Metodologi yang digunakan untuk perancangan ulang bangunan hanggar maintenance ini adalah evaluatif desain, dimana informasi kondisi eksisting bangunan dikumpulkan, dianlaisa, dan digunakan sebagai dasar dari perancangan ini.

English Abstract

Recently the growth of the national air transportation modes become more significant. This can be realized by public enthusiasm for the airlines in developing these service flights Domestic and International. The Ministry of Transportation of the Republic of Indonesia stated that based statistics in 2009 and 2010 show that, "The number of Domestic commercial air transport passengers increased by 17.12% to 18.19%. Meanwhile, the number of International commercial air passengers increased by 21.98% up to 32.19% ". Increasing demand for these services is the background in the airline companies increase the number of aircraft fleet, in order to meet the needs of these expanding its flight route. Coupled with Low-Cost Carrier (LCC) has begun to spread and sprung. And also led to increased maintenance sectors of the fleet airplane owned airline, which is where, facility care and maintenance is the third largest expenditure to be incurred by the airlines after labor and fuel. Maintenance hangar is a building that is used to facilitate the activities of the care and maintenance of airplane. In Indonesia there are three airlines that operate these facilities, whiches PT. Garuda Indonesia with its Garuda Maintenance Facility (GMF), PT. Merpati Airlines with its Merpati Maintenance Facility (MMF), and PT. Pelita Air Service (PAS) with its maintenance hangar located at the Pondok Cabe airfield. Currently, PT. PAS maintenance hangar serve the facility for domestic airlines itself. However, there are some significant issues in support the facility include problems in airplane space capacity in hangar, maintenance facilities e that have not qualified. And the last but not least the building is too old and not appropriate because the building is already built since 1984. In redesign this hangar used evaluative design as the methodology. Which is the existing condition of the building information is collected, analyzed, and used as the base of this design.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/641/051406726
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 690 Construction of buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 17 Nov 2014 08:40
Last Modified: 21 Oct 2021 14:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142966
[thumbnail of 4_KATA_PENGANTAR,_DAFTAR_ISI,DLL_(REVISI).pdf]
Preview
Text
4_KATA_PENGANTAR,_DAFTAR_ISI,DLL_(REVISI).pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_(Alur_Kerangka_Metode_Perancangan).pdf]
Preview
Text
BAB_III_(Alur_Kerangka_Metode_Perancangan).pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (14MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1_COVER.pdf]
Preview
Text
1_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2_LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2_LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3_LEMBAR_ORISINALITAS-PERSEMBAHAN-DAN_RINGKASAN.pdf]
Preview
Text
3_LEMBAR_ORISINALITAS-PERSEMBAHAN-DAN_RINGKASAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item