Studi Perencanaan Drainase Induk Kota Banda Aceh Pada Zona II di Kecamatan Kuta Raja dan Baiturrahman

Airlangga, M Ariandi Henu and Dr. Very Dermawan, ST., MT., - and Ir. M. Janu Ismoyo, MT, - (2014) Studi Perencanaan Drainase Induk Kota Banda Aceh Pada Zona II di Kecamatan Kuta Raja dan Baiturrahman. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permasalahan banjir dan genangan menjadi sesuatu yang tidak asing lagi bagi warga, terutama banyak terjadi di kota-kota besar di Indonesia. Sungai adalah salah satu sumber air yang paling banyak digunakan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, namun apabila sungai yang ada sudah tidak dapat menampung air yang masuk akan mengakibatkan terjadinya banjir dan genangan, yang mengakibatkan kerugian dan kerusakan pada kehidupan masyarakat. Maksud penulisan skripsi ini adalah mengetahui besar debit rancangan drainase yang akan dievaluasi terhadap kapasitas eksisting, mengetahui pengaruh luapan sungai dan pasang surut terhadap kondisi drainase eksisting dan mengetahui kapasitas tampungan sementara, pompa dan pintu. Sedangkan tujuannya adalah pembuatan tampungan sementara agar dapat menampung debit layanan drainase yang tidak dapat dibuang ke sungai di karenakan muka air sungai lebih tinggi dari elevasi dasar saluran. Metode yang digunakan dalam penulisan skripsi ini meliputi, perhitungan debit rancangan drainase, perencanaan dan perbaikan saluran drainase induk, penentuan kapasitas tampungan sementara, pompa dan pintu dan menganalisa kapasitas sungai untuk mengetahui pengaruh luapan sungai dan pasang surut terhadap saluran drainase eksisting. Hasil yang diperoleh dari analisa data didapatkan debit total drainase dengan kala ulang 5 tahun = 18,214 m3/dtk, 10 tahun = 20,248 m3/dtk, 15 tahun = 21,385 m3/dtk dan 20 tahun = 21,977 m3/dtk. Untuk hasil evaluasi saluran drainase dengan kala ulang 10 tahun terdapat saluran drainase yang tidak mencukupi untuk menerima debit rencana di antaranya saluran GD Kn, GD Kr, LP Kn, BP Kr2, BP Kr1, SJ Kn, SJ Kr, TU Kr dan TU Kn. Pengaruh luapan sungai dan pasang surut terhadap kondisi saluran drainase eksisting adalah pada kapasitas sungai dengan debit rancangan kala ulang 5 dan 10 tahun kapasitas sungai tidak mencukupi. Sehingga, pada saluran eksisting drainase debit layanan tidak dapat dibuang ke sungai di karenakan muka air sungai lebih tinggi daripada elevasi outlet dasar saluran yang mengakibatkan backwater pada saluran eksisting. maka direncanakan ulang dimensi saluran dan dibuat saluran pembawa untuk menampung debit layanan yang akan disalurkan ke tampungan sementara. Dari perhitungan dapat diketahui kapasitas tampungan sebesar 52482,928 m3. Kebutuhan pompa untuk melakukan pengurangan/pengosongan tampungan dibutuhkan 4 pompa banjir dengan kapasitas 1,0 m3/dtk dan 1 pompa lumpur dengan kapasitas 0,5 m3/dtk. Kapasitas pompa yang dioperasikan dalam waktu 6 jam dalam kondisi tampungan terisi setengah masih terdapat sisa tampungan sebesar 26524,392 m3. Sisa di dalam tampungan dapat dikeluarkan dengan simulasi pintu. Simulasi pintu dapat dioptimalkan sampai volume tampungan kosong pada kondisi bukaan pintu 1,25 m dalam waktu 2 jam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/602/051406009
Uncontrolled Keywords: Drainase, Pasang surut, Pintu, Pompa, Sungai, Tampungan sementara
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 18 Sep 2014 11:54
Last Modified: 10 Dec 2021 01:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142925
[thumbnail of BAB_IV_Hasil_dan_Pembahasan.pdf]
Preview
Text
BAB_IV_Hasil_dan_Pembahasan.pdf

Download (11MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V_Kesimpulan.pdf]
Preview
Text
BAB_V_Kesimpulan.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Ringkasan-KataPengantar-DaftarIsi-DaftarTabel-DaftarGambar-DaftarLampiran.pdf]
Preview
Text
Ringkasan-KataPengantar-DaftarIsi-DaftarTabel-DaftarGambar-DaftarLampiran.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_Pendahuluan.pdf]
Preview
Text
BAB_I_Pendahuluan.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II_Tinjauan_Pustaka.pdf]
Preview
Text
BAB_II_Tinjauan_Pustaka.pdf

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_Metodologi_Penelitian.pdf]
Preview
Text
BAB_III_Metodologi_Penelitian.pdf

Download (10MB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item