Perancangan Bangunan Instan Fabrikasi

Noverti, Ratri Sekar and Indyah Martiningrum, ST., MT., - and Ir. Edi Hari Purwono, MT, - (2014) Perancangan Bangunan Instan Fabrikasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bangunan instan merupakan bangunan cepat bangun yang dapat digunakan untuk berbagai macam fungsi, seperti fungsi bernaung, pendidikan, pengobatan, komersial, pertunjukan, operasi militer, dan kamp proyek. Dikarenakan bangunan instan ini merupakan bangunan yang memerlukan waktu singkat dalam pembangunannya, maka bangunan ini membutuhkan material yang cepat dalam produksi dan memiliki modul yang presisi. Oleh karena itu, bangunan instan dapat lebih efisien jika menggunakan material fabrikasi atau material yang dapat dibuat secara massal dalam pabrik. Bangunan instan ini mengacu pada beberapa kriteria desain, yang disebutkan dalam Archicentral (2009), yaitu Universal Application, Effective Performance, Economical, Transportable, Ease of Assembly, Renewable Material, Digitally Pre-Fabricated, Open Work, Urban/Rural, dan Flexibility in Use. Untuk merancang bangunan instan, diperlukan penyesuaian dari kesepuluh kriteria tersebut. Oleh karena itu, perancangan bangunan ini menggunakan metode pragmatis atau trial and error untuk menyesuaikan perancangan bangunan dengan kriteria yang ada. Proses perancangan dimulai dari analisis, yang terbagi menjadi dua bagian, yaitu analisis pada bangunan instan dan analisis pada material fabrikasi. Analisis bangunan instan yang diperlukan meliputi analisis besaran ruang, yaitu menentukan luasan modul terkecil yang disesuaikan dengan kebutuhan ruang dari fungsi yang dinaungi. Kemudian analisis sistem pemasangan bangunan yang meliputi pemasangan komponen lantai, kolom, dinding, dan atap. Selanjutnya analisis pemasangan bangunan jika digabungkan satu dengan yang lainnya, analisis waktu pemasangan yang berdasarkan kecepatan pemasangan sambungan-sambungan dengan menggunakan simulasi berupa model/maket. Dan yang terakhir adalah analisis alat angkut yang menentukan modul pengemasan bangunan. Analisis pada material fabrikasi meliputi material bangunan yang terdiri dari komponen lantai, kolom, dinding, dan penutup atap. Kemudian analisis bobot bangunan, dan sistem pengemasan bangunan. Perancangan ini akan menghasilkan desain bangunan sederhana yang dapat dibongkar pasang dengan mudah, tidak memerlukan peralatan khusus untuk merakitnya, dan dapat dibangun oleh orang yang tidak memiliki keahlian khusus. Rancangan bangunan instan ini juga dapat dikembangkan untuk menaungi fungsi-fungsi yang dibutuhkan oleh pengguna bangunan. Rancangan bangunan ini merupakan rancangan bangunan dengan modul terkecil, tetapi dapat digabungkan bangunan satu dengan yang lainnya karena material yang dipakai adalah material modular

English Abstract

Instant building is building up quickly which can be used for a variety of functions, such as functions of shelter, education, medical, commercial, show, military operations, and the project camp. Due to this instant building is a building that requires a short time in its development, the building requires rapid material in production and has a precision modules. Therefore, instant building can be more efficient when using a fabrication material or material that can be made in bulk in a factory. The instant building refers to several design criteria, mentioned in Archicentral (2009), the Universal Application, Effective Performance, Economical, Transportable, Ease of Assembly, Renewable Materials, Digitally Pre-Fabricated, Open Work, Urban / Rural, and Flexibility in use. For instant building design, required adjustment of the ten criterias. Therefore, the design of this building using pragmatic methods or trial and error to adjust the design of the building with the existing criteria. Design process starts from the analysis, which is divided into two parts, i.e. the analysis of the instant and analysis on building materials fabrication. Analysis of instant building includes analysis of the amount of space required, which was to determine the extent of the smallest modules tailored to the needs of the shaded space of functions. And then analysis of the building installation system that includes the installation of components floors, columns, walls, and roof. Furthermore analysis building installation when combined with one another, the installation time is based on the analysis of the installation speed connections using a simulation model / mockups. And the last one is the analysis tool that determines the transport packaging module building. Analysis of the manufacturing materials include materials that are composed of components floors, columns, walls, and roof coverings. And then, analysis of the mass of the building, and building packaging system. This design will result in a simple building design that can be assembled easily, requiring no special equipment to assemble, and can be built by people who do not have special skills. It can also be developed to house the functions required by the user of the building. The design of this building is a build up with the smallest module, but can be combined with each other building material because the material used is modular.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/578/051405520
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 690 Construction of buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 09 Sep 2014 10:20
Last Modified: 30 Nov 2021 04:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142894
[thumbnail of 6._BAB_II_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
6._BAB_II_TINJAUAN_PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 5._BAB_I_PENDAHULUAN.pdf]
Preview
Text
5._BAB_I_PENDAHULUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8._BAB_IV_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf]
Preview
Text
8._BAB_IV_HASIL_DAN_PEMBAHASAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 7._BAB_III_METODE_PERANCANGAN.pdf]
Preview
Text
7._BAB_III_METODE_PERANCANGAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9._BAB_V_KESIMPULAN_DAN_SARAN.pdf]
Preview
Text
9._BAB_V_KESIMPULAN_DAN_SARAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 10._DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
10._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1._COVER.pdf]
Preview
Text
1._COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
2._LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3._LEMBAR_ORISINALITAS.pdf]
Preview
Text
3._LEMBAR_ORISINALITAS.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4._DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
4._DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item