Analisis Pola Deformasi dan Penyerapan Energi Crash Box Hexagonal Dua Segmen dengan Variasi Panjang Sambungan pada Oblique Impact Test,

Muhammad, Farid (2014) Analisis Pola Deformasi dan Penyerapan Energi Crash Box Hexagonal Dua Segmen dengan Variasi Panjang Sambungan pada Oblique Impact Test,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kehidupan pada zaman modern telah meningkatkan kebutuhan akan sistem transportasi. Di sisi lain, meningkatnya jumlah kendaraan turut meningkatkan jumlah kecelakaan. Meninjau hal tersebut, standar keselamatan kendaraan yang lebih baik sangat dibutuhkan. Crash box merupakan sistem keamanan pasif yang digunakan untuk mengurangi tingkat keparahan kecelakaan yang dialami penumpang atau bagian kendaraan yang vital akibat tabrakan. Penelitian ini meninjau pengaruh variasi panjang sambungan pada crash box dua segmen berpenampang segi enam (hexagonal) terhadap pola deformasi dan penyerapan energi pada oblique impact test. Penelitian dilakukan dengan software ANSYS 14.5 Workbench dengan tipe pengujian sesuai standar New Car Assesment Program (NCAP). Variasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan panjang sambungan 25, 35, 45, 55 dan 65 mm dengan material crash box baja A36. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa pola deformasi yang terbentuk adalah pola buckling dengan pola aksial. Semakin panjang sambungan segmen maka pola aksial yang terbentuk semakin banyak. Penyerapan energi meningkat seiring pertambahan panjang sambungan, dengan kemampuan menyerap energi terbesar pada crash box dengan panjang sambungan 65 mm sebesar 24,036 kJ. Panjang sambungan 35 mm merupakan panjang sambungan yang paling efektif dengan nilai penyerapan energi spesifik 12,028 kJ/kg, setelah itu semakin panjang sambungan nilai penyerapan energi spesifik menunjukkan tren penurunan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/538/051405350
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 04 Sep 2014 07:53
Last Modified: 22 Oct 2021 05:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142849
[thumbnail of SKRIPSI_FARID_MUHAMMAD.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_FARID_MUHAMMAD.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item