Indikator Bahan Bakar Minyak Digital pada Sepeda Motor Menggunakan Sensor Tekanan Fluida Berbasis Mikrokontroler.

Kurnianto, ErwanRizal (2014) Indikator Bahan Bakar Minyak Digital pada Sepeda Motor Menggunakan Sensor Tekanan Fluida Berbasis Mikrokontroler. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Harga bahan bakar minyak (BBM) semakin mahal memicu munculnya kecurangan pengisian BBM yang dilakukan oleh pihak pedagang eceran maupun pihak SPBU. Kecurangan yang sering terjadi adalah volume BBM yang diisikan kurang dari seharusnya. Berdasarkan hal tersebut dibutuhkan suatu teknologi untuk indikator bahan bakar pada kendaraan bermotor yang dapat mengatasi masalah kecurangan pengisian BBM yang dirasakan oleh konsumen kendaraan bermotor. Penelitian ini menghasilkan inovasi teknologi yang mampu mendeteksi kecurangan pengisian bahan bakar minyak dengan menggunakan sensor tekanan fluida berbasis mikrokontroler dan sistem digital. Sistem tersebut bekerja dengan mengkonversi tekanan yang dideteksi oleh sensor menjadi volume. Hasil konversi ditunjukkan secara digital berupa angka dalam satuan liter pada LCD yang mewakili volume bahan bakar yang ada dalam tangki. Indikator bahan bakar digital ini dapat menunjukkan volume bahan bakar yang ada dalam tangki dengan ketelitian 100 ml dan error 1,1%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/527/051405339
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 03 Sep 2014 14:16
Last Modified: 22 Oct 2021 05:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142837
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item