Analisis Tenaga Kerja Menggunakan Metode Full Levelling (Perataan Penuh) Dengan Softwere Primavera Project Planner Terhadap Proyek Gedung Pt Bank Muamalat Cabang Malang

Putra, I Gede Pradipta Maha (2014) Analisis Tenaga Kerja Menggunakan Metode Full Levelling (Perataan Penuh) Dengan Softwere Primavera Project Planner Terhadap Proyek Gedung Pt Bank Muamalat Cabang Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada umumnya proyek memiliki masalah mengenai biaya,waktu dan sumber daya pada setiap merencanakan penjadwalan. Bisa terjadi dalam pengalokasian sumber daya,pada suatu saat jumlah sumber dayanya terlalu banyak dan adapula yang sedikit sehingga ada sebagian sumber daya yang tidak terpakai atau (menganggur). Maka dari itu diperlukan sistem yang baik dan merata untuk pelaksanaan pengerjaan proyek yang efektif dan efisien.Keberhasilan suatu proyek sangat di tentukan oleh kualitas dan kuantitas sumber daya nya, dan yang paling penting adalah tenaga kerja.Namun sering kali hal ini di sepelekan dengan penyediaan yang tidak efektif dengan alasan untuk mempercepat pelaksanaan proyek.Maka dari itu di butuhkan pemerataan tenaga kerja yang merupakan suatu usaha untuk menghindari terjadinya fluktuasi yang tajam. Tujuan dilakukan pemerataan adalah untuk memperoleh pemanfaatan tenaga kerja yang efektif dan efisien. Maka pada penelitian ini dilakukan pemerataan terhadap tenaga kerja (resources levelling).Levelling dilakukan dengan menggunakan metodeFull Levellingdengan penjadwalan tenaga kerja tak terbatas. Tenaga kerja yang dilevelling adalah tukang Kayu . levelling kemudian dilakukan dengan menggunakan softwere Primavera Project Planner dan perhitungan manual untuk proses hasil levelling. Sehingga hasil analisis menunjukan metode Full levelling dan softwere Primavera Project Planner dapat memberikan solusi penggunaan tenaga kerja yang efektif dan efisien pada levelling Dari hasil analisa Menggunakan Metode full levelling dengan bantuan softwere primavera project planner, menghasilkan total durasi Pekerjaan 39 hari dan pembagian alokasi tukang kayu pada minggu ke 20 dari 12 orang berubah menjadi 7 orang dan pada minggu ke 21 dari 12 orang berubah menjadi 10 orang akibat pergeseran pekerjaan kayu non kritis. Sedangkan alokasi tukang kayu pada minggu ke 24 sampai minggu ke 29 berubah menjadi 3 orang. Sehingga menghasilkan distribusi tenaga kerja yang efisien. Maka dapat dikatakan bahwa perataan tenaga kerja yaitu tukang kayuyang dilakukan pada penelitian ini dapat mengurangi kebutuhan puncak tenaga kerja pada proyek ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/523/051405278
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 11 Sep 2014 15:29
Last Modified: 23 Nov 2021 07:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142832
[thumbnail of daftar_pustaka.pdf]
Preview
Text
daftar_pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of TA_BAB_123.pdf]
Preview
Text
TA_BAB_123.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of TA_BAB_IV_GEDE.pdf]
Preview
Text
TA_BAB_IV_GEDE.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of TA_BAB_V.pdf]
Preview
Text
TA_BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of batasan_lampiran.pdf]
Preview
Text
batasan_lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of cover_.pdf]
Preview
Text
cover_.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of daftar_isi_Gede.pdf]
Preview
Text
daftar_isi_Gede.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item