Pengukuran Performansi Supply Chain Berbasis Lima Proses Inti Supply Chain Operations Reference (Scor) Dengan Pendekatan Analytic Network Process (ANP) (Studi Kasus: PT Sang Hyang Seri – Persero, Cab

Sumbayak, Ruth Elnawaty Triscova (2014) Pengukuran Performansi Supply Chain Berbasis Lima Proses Inti Supply Chain Operations Reference (Scor) Dengan Pendekatan Analytic Network Process (ANP) (Studi Kasus: PT Sang Hyang Seri – Persero, Cab. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT Sang Hyang Seri (Persero) atau PT SHS merupakan perintis dan pelopor usaha perbenihan di Indonesia. Perusahaan ini melakukan pengolahan terhadap gabah kering panen (GKP) menjadi benih bersertifikat. Pada aktivitas supply chain mulai dari petani sebagai supplier sampai kepada konsumen akhir, masih ada beberapa permasalahan yang terjadi. Pada kegiatan pemasaran, terkait dengan aktivitas supply chain yang berjalan selama ini, PT SHS mengalami permasalahan dengan tidak tercapainya target penjualan yang direncanakan. Pada aktivitas penerimaan bahan baku dari supplier, jumlah GKP yang diterima tidak sesuai dengan yang telah direncanakan. Selain itu, PT SHS juga sering kali mendapatkan komplain dari pelanggan. Di sisi lain, PT SHS belum pernah melakukan pengukuran performansi supply chain. Supply chain sangatlah penting untuk diperhatikan dimana setiap aktivitasnya merupakan suatu proses yang sangat berpengaruh terhadap performansi perusahaan. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengukuran performansi supply chain untuk mengetahui titik terlemah kinerja PT SHS pada konsep manajemen rantai pasok. Model pengukuran performansi yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Supply Chain Operations Reference (SCOR). SCOR membagi proses supply chain menjadi 5 proses inti yaitu: Plan, Source, Make, Deliver, dan Return, dimana kelima proses inti ini saling terintegrasi mulai dari supplier sampai ke konsumen akhir. Selanjutnya, pengukuran performansi dilakukan dengan menggunakan pendekatan Analytic Network Process (ANP) untuk memperoleh nilai skala prioritas dari setiap Key Performance Indicator (KPI). ANP mampu merepresentasikan tingkat kepentingan berbagai pihak dengan mempertimbangkan saling keterkaitan antar kriteria dan sub kriteria yang ada. Dalam melakukan scoring system digunakan metode Objective Matrix (OMAX) sedangkan untuk mengkategorikan hasil pencapaian performansi digunakan Traffic Light System (TLS). Pada penelitian ini diperoleh sebanyak 36 KPI yang terdiri dari 5 KPI Perspektif Plan, 11 KPI Perspektif Source, 9 KPI Perspektif Make, 8 KPI Perspektif Deliver, dan 3 KPI Perspektif Return. Dari hasil perhitungan menggunakan OMAX dan TLS, sebanyak 27 KPI termasuk dalam kategori hijau, 7 KPI termasuk dalam kategori kuning, dan 2 KPI termasuk dalam kategori merah. Hasil pengukuran perfomansi supply chain secara keseluruhan diperoleh nilai total indeks performansi sebesar 7,884. Nilai tersebut termasuk dalam kategori kuning yang menunjukkan bahwa performansi belum mencapai target baik yang diharapkan. Dari hasil evaluasi terhadap KPI yang pencapaiannya masih termasuk dalam kategori merah dan kuning diperoleh sebanyak 9 akar permasalahan tidak tercapainya performansi. Dalam penelitian ini juga diberikan beberapa rekomendasi perbaikan dari setiap akar permasalahan sebagai upaya untuk meningkatkan performansi supply chain perusahaan.

English Abstract

PT Sang Hyang Seri (Persero) or PT SHS is a pioneer of seed business in Indonesia. This company processes the harvested dry grain becoming certified seeds. There are some problems in the supply chain activities from the farmer as supplier to the end customer. On marketing activities, in case of supply chain through the company, PT SHS has some problems such as unachieved sales target. On the raw materials acceptance from supplier, the number of accepted harvested dry grain is not equal with the planned acceptance. In addition, PT SHS often receives complaints from the customer. Moreover, PT SHS never do such supply chain performance measurement. However, supply chain is very important, in which its every activity is a process that affects the performance of the company. Therefore, supply chain performance measurement needs to be done to find the lowest performance point of PT SHS on the concept of supply chain management. This study constructs a model of performance measurement based on Supply Chain Operations Reference (SCOR). The SCOR model divides supply chain processes into five core processes, those are; Plan, Source, Make, Deliver and Return, in which are integrated from the supplier to the end customer. Then, the performance measurement has been done by using the Analytic Network Process (ANP) approach to determine the scale of priority value of each Key Performance Indicator (KPI). ANP is able to represent the interest rate by considering the interdependence among the criteria and sub criteria. The Objective Matrix (OMAX) is used in scoring system and the Traffic Light System (TLS) is used to categorize the results of performance achievement. In this study, there are 36 KPIs which consist of 5 KPIs of Plan perspective, 11 KPIs of Source perspective, 9 KPIs of Make perspective, 8 KPIs of Deliver perspective, and 3 KPIs of Return perspective. Based on the calculation by using OMAX and TLS, there are 27 KPIs in green category, 7 KPIs in yellow category, and 2 KPIs in red category. The result of overall supply chain performance measurement is 7,884 of total performance index. The value is on the yellow category which indicates that the performance has not reached the expected target yet. Based on the evaluation result of KPI in the red and yellow category performance, there are 9 root causes of unachieved performance. This study also provides some recommendations from each root cause as an effort to improve the company’s supply chain performance.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/497/051405262
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 29 Aug 2014 09:18
Last Modified: 18 Nov 2021 03:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142803
[thumbnail of (4)_BAB_III_.pdf]
Preview
Text
(4)_BAB_III_.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of (3)_BAB_II_.pdf]
Preview
Text
(3)_BAB_II_.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of (5)_BAB_IV_.pdf]
Preview
Text
(5)_BAB_IV_.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of (6)_BAB_V_.pdf]
Preview
Text
(6)_BAB_V_.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of (7)_DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
(7)_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of (8)_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
(8)_LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of (1)_COVER_+_DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
(1)_COVER_+_DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of (2)_BAB_I_.pdf]
Preview
Text
(2)_BAB_I_.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item