H, Rahmat Hidayat (2014) Kajian Manajemen Lalu Lintas Sekitar Kawasan Pasar Singosari Kabupaten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Ruas jalan utama kawasan Pasar Singosari merupakan jalan Arteri yang menghubungkan Surabaya dan Malang. Semakin ramainya kegiatan pasar yang terjadi pada Pasar Singosari mempengaruhi kinerja ruas jalan utama di kawasan Pasar tersebut, maka diperlukan adanya evaluasi dan solusi untuk memperbaiki kinerja ruas jalan utama tersebut. Skripsi ini bertujuan untuk menghitung kinerja ruas jalan utama kawasan Pasar Singosari dan pertumbuhan 5 tahun mendatang, kinerja parkir Pasar Singosari, panjang antrian dan durasi memutar dari u-turn, dan memberikan rekomendasi manajemen lalu lintas guna peningkatan kinerja ruas jalan utama di Pasar Singosari. Metode pengambilan data yang dilakukan adalah dengan melakukan survei geometri jalan, pencacahan lalu lintas, parkir, dan u-turn pada kawasan Pasar Singosari. Survei pencacahan lalu lintas dilakukan pada Hari Sabtu, Minggu, dan Senin jam 06.00 - 18.00 WIB di Ruas Jalan Utama Singosari-Surabaya. Survei parkir dilakukan pada hari Minggu jam 05.00 - 12.00 WIB. Survei u-turn dilakukan pada hari Sabtu-Minggu jam 06.00 - 09.00 WIB, 11.00 – 14.00 WIB, dan 16.00 – 18.00 WIB. Analisis kinerja ruas mengacu pada MKJI 1997. Parameter yang digunakan dalam menentukan pertumbuhan arus lalu lintas 5 tahun mendatang adalah Manual Desain Perkerasan Jalan 2012 sebesar 5%. Analisis kondisi perparkiran yang ada, meliputi akumulasi parkir dan kapasitas ruang parkir. Analisis data lalu lintas untuk u-turn meliputi panjang antrian kendaraan dan lama waktu kendaraan untuk memutar. Hasil yang diperoleh dari analisis yaitu Nilai derajat kejenuhan (DS) eksisting ruas jalan utama kawasan Pasar Singosari adalah 1,05 (arah S-U) dan 1,25 (arah U-S). Untuk lima tahun mendatang nilai derjat kejenuhan terkecil sebesar 1,45 (arah S-U, ke Surabaya) dan terbesar 1,64 (arah U-S, ke Malang). Indeks Parkir Pasar Singosari sebesar 2,18 terjadi pada parkir mobil di lokasi 1 dan sebesar 1,23 terjadi pada parkir mobil di lokasi 2. Antrian pada u-turn di kawasan Pasar Singosari sepanjang 71 m dengan durasi kendaraan terdepan untuk memutar arah selama 45,57 detik. Dengan memperhatikan kondisi tersebut, maka perlu adanya solusi perbaikan kinerja ruas jalan utama di kawasan Pasar Singosari. Manajemen lalu lintas yang dapat direkomendasikan yaitu penertiban PKL yang berada di bahu jalan dan pelarangan on-street parking di sepanjang ruas jalan utama kawasan Pasar Singosari, penataan parkir pasar dan pengaturan jalur angkutan umum guna optimalisasi terminal yang berada di sisi belakang Pasar Singosari, pemindahan u-turn di sebelah selatan Pasar Singosari ke lokasi baru. Dengan menerapkan perbaikan kinerja ruas jalan, nilai derajat kejenuhan (DS) adalah 1,14 untuk saat ini dan 1,46 untuk 5 tahun yang akan datang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2014/477/051405242 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 18 Sep 2014 08:51 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 06:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142778 |
Preview |
Text
Skripsi_Kajian_Manajemen_Lalu_Lintas_Sekitar_Kawasan_Pasar_Singosari_Kabupaten_Malang.pdf Download (5MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |