Identifikasi Model Fuzzy Pada Proses Distilasu Vakum Bioetanol

Anggara, AZaky Balya and Goegoes Dwi Nusantoro. ST., MT, - and M.Aziz Muslim ST.,MT.,PhD., - (2014) Identifikasi Model Fuzzy Pada Proses Distilasu Vakum Bioetanol. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Abstrak–Bioetanol merupakan bahan bakar alternatif pengganti bahan bakar fosil.Pada penelitian ini dikembangkan pembuatan bioetanol dengan distilasi vakum pada suhu dan tekanan tertentu. Awal pengembangan yang dilakukan adalah mengidentifikasi plant suhu pada proses distilasi vakum. Struktur model yang digunakan untuk identifikasi sistem adalah ANFIS (Adaptive Neuro Fuzzy Inference System). Penelitian ini menggunakan sensor suhu PT100 untuk mendeteksi suhu bahan baku. Data dari sensor diproses dan diakuisisimenggunakan mikrokontroler Arduino Mega.Data terkontrol dikirim ke rangkaian dimmer sebagai driver aktuator elemen pemanas.Sinyal uji yang digunakan sebagai masukan sistem adalah Pseudo Random Binary Sequence (PRBS). Dari pengujian yang telah dilakukan didapatkan hasil pelatihan data dengan Root Mean Squared Error (RMSE) = 0.22527 dan pengecekan data dengan Root Mean Squared Error (RMSE) = 0.2253.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/433/051405019
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 03 Sep 2014 13:12
Last Modified: 16 Nov 2021 06:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142730
[thumbnail of Cover_+_Lembar_persetujuan_+_pengesahan.pdf]
Preview
Text
Cover_+_Lembar_persetujuan_+_pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of bismillah_skripsi_fix.pdf]
Preview
Text
bismillah_skripsi_fix.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item