Suyanto, AnggaSepti (2014) Konversi Citra Labirin Ke Dalam Edge Dan Vertex. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan suatu sistem yang dapat digunakan untuk mengolah suatu bentuk citra labirin dua dimensi kedalam edge dan vertex. Pada suatu citra labirin yang terdiri dari dinding dan jalan, sistem ini akan dapat merepresentasikannya kedalam bentuk edge dan vertex yang nantinya digunakan oleh algoritma pencari jalur terbaik. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengambil suatu citra labirin dari file. Dari citra tersebut, kemudian dilakukan perbaikan citra dengan mengubah citra ke dalam citra abu – abu (grayscale) dan selanjutnya mengubahnya ke dalam bentuk citra biner atau hitam – putih. Operasi selanjutnya adalah dengan mencari titik tengah dari masing – masing dinding dan jalan yang nantinya akan diseleksi untuk mendapatkan vertexnya. Pencarian edge dilakukan melalui pengecekan dua vertex yang saling berdekatan untuk mengetahui vertex tersebut saling berhubungan atau tidak dan dilanjutkan dengan mengurangkan koordinat vertex tersebut untuk memperoleh weight dari edge tersebut. Hasil akhir berupa graph yang nantinya disimpan dalam bentuk plaintext. Pengujian sistem dilakukan dengan membandingkan hasil edge dan vertex dari perhitungan manual dengan hasil dari sistem yang dibuat. Serta melakukan pengujian hasil output dengan melakukan load data output ke dalam aplikasi yang telah dibuat.
English Abstract
The main aim of this research is to develop a system that can be used to process a two-dimensional labyrinth image into a edge and vertex. On an labyrinth image consisting of walls and roads, the system will be able to represent it in the form of edge and vertex that will be used by the search algorithm best path. The research was conducted by taking an labyrinth image from files. From that image, then the next process is changing the image into a gray image (grayscale) and then convert it into the form of a binary image . The next operation is to find the midpoint of each wall and the street that would be selected to get the vertex. The next process is checking the two vertices are adjacent to each other to determine that the vertices are interconnected or not and then subtracting the coordinates of the vertices to obtain the weight of the edge. The final result will be a graph that is stored in plaintext form. Testing system by comparing the results of edge and vertex of manual calculations with the results of the system are made. And then, test the final output by load the output data into applications that have been made.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2014/4/051400322 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Elektro |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 28 Jan 2014 09:29 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 06:50 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142692 |
Preview |
Text
BAB_IV_.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_V_.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_VI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
COVER-DAFTAR_ISI.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_I.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_II.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
BAB_III.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |