Rancang Bangun Peralatan Proteksi Lampu Penerangan Jalan Umum Satu Fasa Terhadap Bahaya Surja Petir Menggunakan PCB ( Printed Circuit Board)

Puspitasari, Ayu (2014) Rancang Bangun Peralatan Proteksi Lampu Penerangan Jalan Umum Satu Fasa Terhadap Bahaya Surja Petir Menggunakan PCB ( Printed Circuit Board). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menguraikan tentang rancang bangun peralatan proteksi lampu penerangan jalan umum satu fasa terhadap bahaya surja petir menggunakan PCB (Printed Circuit Board). Arester ini dapat digunakan pada kategori I yang memiliki ketahanan terhadap tegangan impuls sebesar 1,5 kV. Pada peralatan listrik tegangan rendah dapat diamankan dengan menggunakan arester berupa susunan elektroda sela udara yang sederhana dan mudah dalam rekayasanya. Adapun macam-macam arester yang sudah pernah dibuat untuk proteksi pada tegangan rendah berupa arester koaksial, arester katup, arester kancing, dan arester GDT.Dalam penelitian ini dilakukan suatu eksperimendimana akan dibuat rekayasa arester sela udara yang terbuat dari PCB (Printed Circuit Board) yang nantinya akan digunakan sebagai dasar pertimbangan dalam perancangan arester karena mudah dalam rekayasa dan murah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah perencanaan arester, pengujian dan analisis. Perencanaan arester meliputi bentuk geometri elektroda, perubahan jarak sela dan perbesaran dimensi elektroda (panjang sela) . Elektroda sela udara yang dirancang menggunakan pendekatan perkiraan tegangan tembus kemudian pengaruh distribusi medan listrik arester hasil perancangan disimulasikan dengan menggunakan FEMM 4.2. Maka akan didapatkan jarak sela yang dapat memotong pada tegangan 1,5 kV yang nantinya akan digunakan dalam perancangan dan pengujian, kemudian dilakukan analisis probabilitas tembus arester, analisis v-t Curve arester dan pengujian ketahanan arester terhadap tegangan AC.Dari hasil pengujian, didapatkan bahwa perbesaran jarak sela dan panjang seladapat memotong tegangan impuls sebesar 1,5 kV sesaat sebelum puncak impuls dengan jarak sela yaitu 0,3mm dan panjang sela 20 mm. Semakin tinggi tegangan impuls yang terpotong, maka akan semakin cepat pula waktu potongnya dan didapatkan kepastian tembus lebih dari 95% yaitu sebesar 1,5 kV.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/38/051400883
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 11 Feb 2014 09:26
Last Modified: 22 Oct 2021 07:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142670
[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI_LENGKAP.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item