Afrizal, Danny Zuan (2014) Defleksi Balok Melintang Dan Tegangan Batang Diagonal Tepi Jembatan “Boomerang Bridge” Akibat Variasi Posisi Pembebanan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Jembatan Boomerang sendiri merupakan jembatan rangka dengan konfigurasi rangka jenis K-truss. Dalam perhitungan secara teoritis dan kenyataan lendutan yang dihasilkan sangat berbeda, Perbedaan angka lendutan secara teoritis dengan pengujian lapangan inilah yang menjadi dasar dari penelitian ini. Balok melintang pada jembatan rangka merupakan struktur jembatan yang paling utama keberadaanya, dimana balok melintang tersebut meneruskan beban yang bekerja di atasnya ke penumpu yang berupa rangka induk. Sedangkan batang diagonal pada rangka tepi sendiri bekerja dalam satu kesatuan rangka induk sebagai batang penerima beban secara tak langsung yang nantinya disalurkan ke tumpuan. Batang diagonal hanya akan mengalami gaya tarik atau pun tekan sesuai dengan keberadaan beban. Dengan meninjau balok melintang dan batang diagonal rangka tepi nantinya akan dapat dilihat pengaruh perletakkan beban yang diberikan, selain itu juga akan dilakukan perhitungan teoritis sebagai pembanding. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi jarak pembebanan yang diberikan pada struktur jembatan rangka Boomerang Bridge terhadap tegangan batang diagonal tepi dan juga defleksi dari balok melintang. Pada penelitian ini dilakukan pengujian serta perhitungan teoritis sebagai perbandingan. Pengujian dilakukan dengan memberikan beban garis dengan menggunakan balok pemerata atas beban terpusat 400 Kg. Beban diletakkan pada poisisi 1 (1/4 bentang kiri jembatan), posisi 2 (1/2 bentang jembatan) dan posisi 3 (1/4 bentang kanan jembatan). Pengujian untuk memperoleh besar tegangan dilakukan dengan menggunakan strain gauge, sedangkan untuk lendutan digunakan LVDT. Sedangkan untuk perhitungan teoritis digunakan program. Pengujian elastisitas bahan juga dilakukan untuk ketelitian hasil pengujian dan perhitungan. Hasil pengujian dan perhitungan teoritis sama-sama menyatakan bahwa posisi beban sangat berpengaruh terhadap tegangan batang diagonal tepi juga lendutan balok melintang yang terjadi. Selain itu didapatkan hasil yang cukup berbeda jauh antara pengujian dengan perhitungan teoritis. Perbedaan tersebut disebabkan kondisi serta asumsi yang ada pada pengujian berbeda dengan perhitungan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2014/375/051404820 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 690 Construction of buildings |
Divisions: | Fakultas Teknik > Arsitektur |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 22 Aug 2014 15:23 |
Last Modified: | 27 Dec 2021 06:20 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142665 |
Preview |
Text
DEFLEKSI_BALOK_MELINTANG_DAN_TEGANGAN_BATANG_DIAGONAL_TEPI_JEMBATAN_“BOOMERANG_BRIDGE”_AKIBAT_VARIASI_POSISI_PEMBEBANAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |