Penataan Jalur Pejalan Kaki Berdasarkan Persepsi dan Perilaku Pejalan Kaki di Kawasan Pusat Kota Malang (Studi Kasus: Jalan Semeru, Jalan Kahuripan, Jalan Tugu, Jalan Kertanegara)

Negasari, Aktiviantia Poshi (2014) Penataan Jalur Pejalan Kaki Berdasarkan Persepsi dan Perilaku Pejalan Kaki di Kawasan Pusat Kota Malang (Studi Kasus: Jalan Semeru, Jalan Kahuripan, Jalan Tugu, Jalan Kertanegara). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kawasan pusat Kota Malang memiliki fungsi sebagai pusat pelayanan baik dengan skala kota maupun dengan skala regional, lokasi studi di Jalan Semeru hingga Jalan Kertanegara termasuk ke dalam kawasan pusat kota. Penataan jalur pejalan kaki di kawasan pusat Kota Malang di dasarkan pada pengambilan persepsi dan pengamatan perilaku pengguna jalur pejalan kaki, hal tersebut diharapkan dapat membantu untuk menata dan mengembalikan fungsi jalur pejalan kaki sesuai dengan tingkat kenyamanan, keamanan, daya tarik dan kesenangan pengguna. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis tingkat pelayanan jalur pejalan kaki, analisis standar dan eksisting untuk melihat kesesuaian kondisi jalur pejalan kaki sebelum dilakukan desain penataan, analisis kano digunakan untuk mengetahui persepsi dari pengguna jalur pejalan kaki mengenai desain yang sesuai dengan keinginan berdasarkan kriteria, analisis behavior mapping digunakan untuk mengetahui perilaku pengguna jalur pejalan kaki di lokasi penelitian. Kriteria yang digunakan adalah keamanan, kenyamanan, kesenangan dan daya tarik. Berdasarkan hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa desain jalur pejalan kaki harus memenuhi empat kriteria yaitu keselamatan yang meliputi ketinggian jalur pejalan kaki dan jalan yang sama, perbaikan material perkerasan jalur pejalan kaki, penambahan jalur pejalan kaki, untuk kriteria kenyamanan yakni meliputi jalur sirkulasi bagi difable, sirkulasi tidak terganggu hambatan samping, terdapat pohon peneduh, penambahan tempat sampah, pengaturan vegetasi, penambahan lebar jalur pejalan kaki. Kemudian untuk kondisi menyenangkan yakni dengan adanya keterhubungan guna lahan satu dengan lainnya, kemudahan pergantian transportasi umum. Serta kriteria daya tarik yang mencakup perbaikan mengenai desain koridor yang serasi dan terdapat etalase menarik di masing-masing pertokoan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/344/051404611
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 26 Aug 2014 09:52
Last Modified: 19 Sep 2022 03:01
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142631
[thumbnail of AKTIVIANTIA POSHI NEGASARI.pdf] Text
AKTIVIANTIA POSHI NEGASARI.pdf

Download (17MB)

Actions (login required)

View Item View Item