Rancang Bangun Sistem Monitoring Kecepatan Kendaraan Berbasis Gps Dengan Sms Sebagai Media Pengiriman Data

Lesmana, DonyHendra (2014) Rancang Bangun Sistem Monitoring Kecepatan Kendaraan Berbasis Gps Dengan Sms Sebagai Media Pengiriman Data. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kendaraan merupakan sarana transportasi darat yang bermanfaat sekali dalam kehidupan sehari-hari terutama pekerjaan yang menuntut mobilitas. Namun minimnya sistem peringatan dan pengawasan terhadap pengendara seringkali menjadikan kendaraan sebagai mesin pembunuh. Pada jurnal berjudul “Aplikasi Mikrokontroller AT89C51 pada Pengukur Kecepatan” yang disusun oleh Pamungkas Daud dirancang sistem pengukur kecepatan kendaraan menggunakan Light Dependent Resistor (LDR) sebagai sensor. Sistem tersebut hanya mengukur kecepatan kendaraan pada suatu titik lokasi dan tidak dilengkapi fasilitas penyimpanan data kecepatan kendaraan Oleh karena itu diperlukan suatu sistem monitoring kecepatan kendaraan secara real time untuk menekan angka kecelakaan yang diakibatkan pengendara yang mengebut. Data posisi dan kecepatan GPS yang terpasang pada kendaraan akan dikirim secara kontinyu ke PC server melalui fasilitas SMS. Hasil pengujian data kecepatan GPS SkyNav SKM53 memberikan nilai kesalahan terkecil 3,851 km/jam dan kesalahan terbesar 9,089 km/jam. Kesalahan ini dapat diperbaiki dengan mengalikan data kecepatan GPS dengan konstanta 1,1457 yang merupakan gradien grafik perbandingan kecepatan GPS terhadap kecepatan kendaraan sehingga menghasilkan kesalahan terkecil 1,467 km/jam dan kesalahan terbesar 3,173 km/jam. Data monitoring kecepatan berhasil dikirim dengan interval waktu 1 menit melalui SMS dan sistem penerima berhasil menerima data posisi serta kecepatan sehingga dapat dijadikan referensi perilaku pengemudi sehari-hari.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/32/051400808
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 10 Feb 2014 11:11
Last Modified: 22 Oct 2021 07:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142606
[thumbnail of LAPORAN.pdf]
Preview
Text
LAPORAN.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item