Hendarti, DevinaRosa (2014) Analisa Metode Pembelajaran Mata Kuliah Kewirausahaan dengan Metode Logic model (Studi Kasus di Jurusan Teknik Industri Universitas Brawijaya Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kewirausahaan merupakan salah satu mata kuliah muatan lokal yang diberikan disemua program studi yang ada di Universitas Brawijaya. Harapannya dengan adanya mata kuliah ini dapat meningkatkan kemampuan soft skill dan pola pikir mahasiswa. Dari survey pendahuluan, diketahui bahwa Negara Indonesia memiliki jumlah wirausaha yang cukup sedikit yaitu 1,56% . Padahal untuk jumlah minimum wirausaha di Negara maju adalah 2% . Proses pembelajaran mata kuliah kewirausahaan saat ini menggunakan metode ceramah. Metode ceramah tidak dapat digunakan mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu dan menyelesaikan permasalahan yang ada di lapangan. Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan, diperlukan kombinasi metode pembelajaran lainnya yang sesuai dengan kurikulum dan kondisi di jurusan Teknik Industri Universitas Brawijaya. Penelitian ini menganalisa keputusan pemilihan metode pembelajaran dengan metode logic model. Logic model merupakan representasi grafis sederhana dari suatu sistem yang menunjukkan relasi logis suatu proses transformasi dari input menjadi output untuk mewujudkan keluaran (outcome/result) sesuai tujuan. Terdapat beberapa komponen dalam logic model, yaitu: input, process, output, dan outcomes. Pembuatan logic model dibagi menjadi tiga tahap, yaitu: logic model existing, logic model ideal, dan logic model rekomendasi. Pada pembuatan logic model existing data yang diambil merupakan data rpkps dan silabus dari proses pembelajaran yang sedang berlangsung. Logic model ideal dirumuskan dengan mensintesa dari beberapa rpkps perguruan tinggi lain serta dari beberapa buku kewirausahaan. Pada logic model rekomendasi diprioritaskan dari hasil pembuatan logic model ideal, yang disesuaikan dengan kendala dan kondisi yang ada pada proses pembalajaran kewirausahaan di jurusan Teknik industri Universitas Brawijaya. ari hasil pembuatan logic model, terdapat perbedaan dari jumlah pertemuan dalam proses pembelajaran. Pada logic model existing memerlukan 16 pertemuan, pada logic model ideal memerlukan 26 pertemuan untuk menyelesaikan proses pembelajaran. Pada logic model rekomendasi didapatkan metode pembelajaran yang sesuai dengan kondisi di jurusan Teknik Industri yang ditempuh dengan 16 kali pertemuan. Metode pembelajaran tersebut diantaranya: metode ceramah, diskusi,kunjungan lapangan dan resitasi.pokok bahasan yang disampaikan antara lain: motivasi kewirausahaan, ketenagakerjaan Indonesia, identifikasi peluang usaha, evaluasi peluang usaha, konsep resiko, analisa kelayakan teknis, analisa kelayakan financial, bentuk kepemilikan, aspek hukum bisnis, dan pemaparan grand desain. Outcomes yang diharapkan yaitu: mahasiswa dapat menciptakan peluang usaha, mahasiswa dapat menganalisa dan mengelola resiko, serta mahasiswa dapat membuat grand desain.
English Abstract
Entrepreneurship is one of local subjects that given in all study program in the University of Brawijaya. The expectation is with the subject able to improve the soft skill and mindset of the students. From the survey, it is known that Indonesia has a number of entrepreneur are small compared with other developed countries, is only 1,56% . Whereas for the minimum number of entrepreneur in developed contries is 2%. The learning model of the entrepreneurship subject by using speech method. The speech method can not be used by students to apply their knowledge and solve the problems in field. To reach the expected learning goals, it is needed combination of other learning methods that suitable with the curriculum and condition of the Department of Industrial Engineering, University of Brawijaya. The research analyzed the decision of learning method selection by logic model. The logic model is the simple graphical representation of a system that showed logical relation in transformation process from input to output to embody the outcome suitable with the goals. There is some component in logic model, that is: input, process, output and outcome. The creation of logic model is divided into three stages, that is : existing logic model, ideal logic model, and recommended logic model. At the creation of the logic model existing, the taken data is the rpkps data and syllabus of the learning process that is on going. Ideal logic model is formulated by synthesizing from some rpkps of other colleges and from the entrepreneurship books. At the recommended logic model is prioritized from the results of ideal logic model creation, that is adjusted to the obstacles and condition in the entrepreneurship learning process at the Department of Industrial Engineering, University of Brawijaya. From the creation of logic model, there are differences from the meeting amount in the learning process. At the existing logic model needs 16 meeting, at the ideal logic model needs 26 meeting to solve learning process. At the recommended logic model it is obtained learning method that is suitable with the condition at the Industrial Engineering Department that need 16 meeting. The learning method such as: speech method, discussion, field visit and recitation. The given materials : entrepreneurship motivation, Indonesian manpower, identification of business opportunities, risk concept, analysis of technical feasibility, analysis of financial feasibility, ownership form, aspect of business law, and grand design explanation. The expected outcome: student able to create business opportunity, student able to analyze and manage risk, and able to creategrand design.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2014/308/051404038 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Industri |
Depositing User: | Budi Wahyono Wahyono |
Date Deposited: | 21 Jul 2014 12:57 |
Last Modified: | 22 Oct 2021 08:05 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142594 |
Preview |
Text
skripsi_devina_FULL.pdf Download (3MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |