Pendeteksi Logam Berbasis Plc (Programmable Logic Control) Dengan Sistem Pneumatik Pada Konveyor

Pramono, Aditya (2014) Pendeteksi Logam Berbasis Plc (Programmable Logic Control) Dengan Sistem Pneumatik Pada Konveyor. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saat ini hampir setiap hari inovasi di dunia industri terus bermunculan guna memenuhi permintaan masyarakat. Namun, perusahaan (home industry) sering kalah bersaing dengan perusahaan yang berskala besar. Dalam dunia industri, PLC mengakibatkan proses produksi yang semakin dipermudah. Konveyor digunakan untuk menghemat waktu dalam mencapai jarak pengangkutan. Begitu juga, sistem pneumatik digunakan sebagai sistem otomasi yang menggunakan sumber energi dalam bentuk udara yang dimampatkan. Hal inilah yang melatarbelakangi studi mengenai pendeteksi benda berbahan logam pada kemasan susu bubuk berbasis PLC dengan sistem pneumatik pada konveyor yang dapat mempercepat kinerja produksi susu bubuk pada perusahaan (home industry). Sistem kontrol yang digunakan untuk mengatur sistem konveyor secara keseluruhan adalah kontroler PLC. PLC yang digunakan disini yaitu PLC smart relay dengan menggunakan software zeliosoft 2 tipe bahasa pemrograman FBD (Function Block Diagram). Dengan menggunakan motor DC gearbox sebagai penggerak belt conveyor yang diatur oleh potensiometer untuk mengatur kecepatan (speed) putaran pada motor per-menit (rpm). Hasil pengujian dari sistem pendeteksian logam berbasis PLC menggunakan sistem pneumatik secara keseluruhan yang dapat melakukan pendeteksian dengan baik, yaitu: suplai tegangan pada motor sebesar 24 volt dengan kecepatan motor yang dihasilkan 15 rpm, posisi variable resistor 75%, dan 18 detik pada timing PLC dengan bahasa pemrograman FBD (Function Block Diagram) untuk menggerakkan sistem pneumatik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/30/051400806
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 10 Feb 2014 11:16
Last Modified: 21 Oct 2021 14:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142585
[thumbnail of Cover,_Daftar_Isi_dan_Kata_Pengantar.pdf]
Preview
Text
Cover,_Daftar_Isi_dan_Kata_Pengantar.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi_Total.pdf]
Preview
Text
Skripsi_Total.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Bab_5_hasil_pengujian_(landscape).pdf]
Preview
Text
Bab_5_hasil_pengujian_(landscape).pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item