Pendekatan Lean Healthcare untuk Meminimasi Waste di Rumah Sakit Islam Unisma Malang

Adellia, Yolla (2014) Pendekatan Lean Healthcare untuk Meminimasi Waste di Rumah Sakit Islam Unisma Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Lean adalah suatu upaya terus-menerus untuk menghilangkan pemborosan (waste) dan meningkatkan nilai tambah (value added) produk, baik barang maupun jasa, kepada pelanggan. Lean yang diterapkan dalam industri kesehatan disebut juga lean healthcare. Melalui implementasi Lean Healthcare, berbagai pemborosan yang terjadi di rumah sakit dan pusat pelayanan kesehatan lainnya dapat dihilangkan sehingga pelayanan kesehatan meningkat. Salah satu Rumah Sakit swasta yang ada di daerah Malang yakni Rumah Sakit Islam Unisma. Penelitian ini akan difokuskan pada waste yang ditemukan di Unit Rawat Jalan dan Rawat Inap, yang mana kondisi saat ini masih terdapat aktivitas yang tergolong waste. Pada penelitian ini Big Picture Mapping digunakan untuk mengidentifikasi proses yang ada di dalam instalasi rawat jalan dan rawat inap. Identifikasi aktivitas sepanjang big picture mapping bertujuan untuk mengetahui dan menghitung persentase aktivitas-aktivitas yang termasuk kategori aktivitas yang memberikan nilai tambah, aktivitas yang penting namun tidak memberikan nilai tambah, dan aktivitas yang tidak memberikan nilai tambah. Fishbone Diagram digunakan untuk menganalisis sebab dan akibat suatu permasalahan sehingga ditemukan akar permasalahan dari waste kritis yang terjadi. FMEA digunakan untuk mengidentifikasi dan memberikan prioritas kegagalan. Rekomendasi perbaikan diberikan untuk kegagalan yang paling kritis. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa waste yang paling sering terjadi adalah motion, transportation, waiting dan defect. Waste paling kritis pada tipe waste motion yakni waste mencari dokumen rekam medis, waste paling kritis pada tipe waste transportation yakni waste perpindahan pasien yang berlebih, dan waste paling kritis pada tipe waste waiting yakni menunggu obat di instalasi farmasi, sedangkan waste paling kritis pada tipe waste defect yakni waste pasien mendatangi ruang pemeriksaan yang salah. Hasil dari FMEA menunjukkan penyebab kritis dari waste motion adalah kondisi tata letak dokumen dalam rak pada ruang penyimpanan status rekam medis belum ergonomis, penyebab kritis dari waste transportation adalah petunjuk ruang kurang jelas, penyebab kritis dari waste waiting adalah penulisan keterangan obat di rak kurang jelas dan sudah jelek, penataan kertas resep obat tidak rapi, hanya ada satu loket resep obat, sedangkan penyebab kritis dari waste defect adalah tulisan petunjuk ruang berwarna sama dengan warna pintu dan petunjuk ruang terlalu kecil. Alternatif solusi yang diusulkan yakni peletakan dokumen pada rak ruang penyimpanan status rekam medis, pembuatan alat kontrol visual, pemasangan diagram alir pelayanan, pengkondisian meja pegawai, pebaikan papan nama, pembedaan loket resep racikan dan non racikan, pemberian nomer antrian, dan pelabelan pada rak obat.

English Abstract

Lean is a continuous effort to eliminate waste and improve value-added products, both goods and services, to customers. Lean applied in the healthcare industry is called lean healthcare. Through the implementation of Lean Healthcare, a variety of waste that occurs in hospitals and other health care centers can be eliminated so that the health services increases. One of private hospital in Malang area is Islamic Hospital of Unisma. This study will focus on the waste found in Outpatient and Inpatient Unit in Islamic Hospital of Unisma, which some the activities still categorized as waste. In this study, Big Picture Mapping is used to identify the processes in the outpatient and inpatient unit. Identification of activities throughout the Big Picture Mapping aims to identify and calculate the percentage of activities that included in value-adding activities, necessary-but-not-value-adding activities, and not-value-adding activities. Fishbone diagram is used to analyze the causes and effects of a problem so that root causes of critical waste can be found. FMEA is used to identify failures and determine its priority. Recommendations for improvement are proposed for the most critical failure. Results of conducted research show that the most common waste are motion, transportation, waiting, and defects. Most critically type of waste in motion is seeking the medical recod documents. Most critically type of waste in transportation is the excessive transfer of patients. Most critically type of waste in waiting is waiting of drugs in the pharmaceutical unit. Whereas, most critically type of defect is that patients come to the wrong examination room. Resluts of FMEA indicate that critical causes cause of waste in motion is that the conditions of document layout shelves in medical record room is not ergonomic, critical causes of waste in transportation is that the guidance of space is less obvious, critical cause of waste in waiting are that the writing on the shelf drug information is unclear, structure of the paper prescription is not neat, and there is only one counter prescription drugs, while critical cause of defect is writing guidance of space has the same color with the color of the door and is too small. Proposed alternatives solution are improving location of documents in medical records room, creating visual control devices, making flow chart of services, conditioning desk clerks, improving room’s signage, discriminating counter of compounded prescription and non-concoction, giving a queue number, and labeling the drugs shelf.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/269/051403479
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 02 Jul 2014 09:33
Last Modified: 10 Nov 2021 06:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142552
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_TABEL.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_TABEL.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of RINGKASAN_dAN_RESUME.pdf]
Preview
Text
RINGKASAN_dAN_RESUME.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER.pdf]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item