Perancangan Sistem Pengetanahan Peralatan Di Gardu Induk Pltu Ipp (Independent Power Producer) Kaltim 3,

Nugroho, JovieTriasAgung (2014) Perancangan Sistem Pengetanahan Peralatan Di Gardu Induk Pltu Ipp (Independent Power Producer) Kaltim 3,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pertumbuhan ekonomi di Indonesia cukup tinggi, yang mengakibatkan meningkatnya kebutuhan listrik dari tahun ke tahun. Sehingga penambahan pembangunan pembangkit listrik perlu dilakukan. Salah satu pembangunan proyek yang sedang dilaksanakan adalah PLTU (Independent Power Producer) IPP KALTIM 3 dengan kapasitas 2x100 MW. Pembangunan PLTU IPP KALTIM 3 ini akan di ikuti dengan pembangunan Gardu Induk. Gardu Induk ini harus dilengkapi sistem pengetanahan peralatan yang baik. Sistem pengetanahan peralatan tersebut digunakan untuk membatasi tegangan sentuh dan tegangan langkah yang dapat membahayakan keselamatan dan keamanan manusia. Tegangan sentuh dan tegangan langkah tersebut disebabkan oleh arus gangguan yang mengalir ketanah. Penelitian ini berisi tentang perancangan sistem pengetanahan peralatan di gardu induk PLTU IPP KALTIM 3. Pada perancangan ini menggunakan sistem pentanahan grid-rod dengan membuat kombinasi antara jumlah grid dan rod yang kedalaman penanaman konduktornya bergantung dari nilai tahanan jenis tanah serta luas area pentanahan yang akan digunakan. Dari hasil analisis dan perancangan sistem pengetanahan peralatan gardu induk untuk tahanan jenis tanah tertinggi di lokasi yang akan dibangun gardu induk sebesar 650 ohm-meter dengan asumsi tahanan jenis tanah tersebut uniform, arus gangguan maksimum ketanah sebesar 7371.72 ampere dan sistem pengetanahan peralatan berdasarkan tata letak peralatan terdapat 2 model perancangan. Dari proses perancangan sistem pengetanahan peralatan yang telah dilakukan, untuk ukuran diameter konduktor grid yang digunakan sebesar 20.25 mm dan ukuran diameter konduktor rod sebesar 16 mm. Dengan panjang konduktor grid (LC) sepanjang 3386.6 meter, panjang konduktor rod (LR) sepanjang 5472 meter dan ketebalan batu koral 0.12 meter, maka didapat tegangan sentuh (Et) sebesar 708.50 volt, tegangan langkah (Es) sebesar 829.78 volt dan tahanan pengetanahan (??) sebesar 3.936 ohm. Sehingga perancangan pengetanahan peralatan ini masih aman bagi manusia dengan tegangan sentuh maksimum sebesar 712.6 volt dan tegangan langkah maksimum sebesar 2379.3 volt.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/248/051403225
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 13 Jun 2014 08:30
Last Modified: 21 Oct 2021 13:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142529
[thumbnail of Seminar_Ujian_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Seminar_Ujian_Skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item