Pengaruh Jarak Pondasi Dari Tepi Lereng Dan Panjang Geotekstil Terhadap Daya Dukung Pondasi Menerus Pada Pemodelan Lereng Pasir

Nurdiani, Niken (2014) Pengaruh Jarak Pondasi Dari Tepi Lereng Dan Panjang Geotekstil Terhadap Daya Dukung Pondasi Menerus Pada Pemodelan Lereng Pasir. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sejalan dengan pertambahan penduduk, terjadi pula peningkatan kebutuhan lahan sebagai salah satu kebutuhan penting manusia yaitu kebutuhan tempat tinggal. Hal tersebut mengakibatkan berkurangnya ketersediaan sumber daya lahan, sedangkan saat ini daerah perbukitan menjadi alternatif untuk kebutuhan tempat tinggal, padahal daerah perbukitan sangat rawan terhadap kelongsoran tanah. Oleh karena itu, untuk daerah-daerah seperti itu maka diperlukan perkuatan terhadap tanah lereng. Salah satu alternatif perkuatan tanah adalah menggunakan geosintetik yang salah satunya adalah geotekstil jenis woven karena geotekstil dapat menahan gaya tarik yang tidak dimiliki oleh tanah Pada penelitian ini dipakai model test dengan ukuran panjang 1,50 m, lebar 1,0 m dan tinggi 1,0 m. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui lokasi pemasangan perkuatan geotekstil yang memberikan daya dukung paling maksimum dari semua perlakuan dengan variabel terikat berupa jumlah geotekstil 3 buah dan jarak vertikal antar lapis geotekstil sebesar 7,7 cm, dimana panjang lapis geotekstil dipasang dengan tiga variasi yang berbeda. Serta dengan melakukan variasi jarak pondasi dari tepi lereng dengan tiga variasi berbeda pula. Proses pemadatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah dengan cara membagi lereng model sebanyak tujuh lapisan dan dipadatkan dengan beton silinder yang digilas hingga ketinggian yang direncanakan, yaitu 10 cm di tiap lapisan. Pemadatan yang dilakukan menggunakan kontrol volume berdasarkan hasil trial and error pemadatan di lapangan. Pembebanan dilakukan dengan menambahkan beban secara bertahap yaitu dengan rentang 25 kg sampai lereng tidak mampu menahan beban lagi. Hasil dari penambahan perkuatan geotekstil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa model lereng mengalami peningkatan daya dukung secara signifikan. Dimana lokasi terbaik perkuatan geotekstil adalah pada rasio d/B=2 dan L/H=0,59. Berdasarkan pengujian ini dapat disimpulkan bahwa semakin besar jarak pondasi dari tepi lereng maka penambahan daya dukung akan semakin besar. Sedangkan semakin panjang lapis geotekstil maka akan semakin besar daya dukung tanah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/22/051400737
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 10 Feb 2014 09:45
Last Modified: 21 Oct 2021 13:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142498
[thumbnail of 6.BAB_IV.pdf]
Preview
Text
6.BAB_IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 7.BAB_V.pdf]
Preview
Text
7.BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
8.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1.COVER.pdf]
Preview
Text
1.COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9.LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
9.LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 2.KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
2.KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5.BAB_III.pdf]
Preview
Text
5.BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 3.BAB_I.pdf]
Preview
Text
3.BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4.BAB_II.pdf]
Preview
Text
4.BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item