Pengaruh Variasi Jumlah Lapis Dan Jarak Antarlapis Vertikal Geotekstil Terhadap Daya Dukung Pondasi Pada Pemodelan Lereng Pasir Kepadatan 74%

Hutama, WidaRizky (2014) Pengaruh Variasi Jumlah Lapis Dan Jarak Antarlapis Vertikal Geotekstil Terhadap Daya Dukung Pondasi Pada Pemodelan Lereng Pasir Kepadatan 74%. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Indonesia merupakan negara yang memiliki daerah geografis pegunungan yang memiliki potensi yang besar untuk sektor pariwisata. Dengan berkembangnya pariwisata menyebabkan banyaknya bangunan untuk villa, hotel dan lain-lain terutama di daerah dataran tinggi yang rawan terjadi longsor. Hal ini menyebabkan kebutuhan lahan semakin tinggi, tetapi berbanding terbalik dengan ketersediaan lahan datar untuk pembangunan. Karena keterbatasan lahan ini sehingga banyak pembangunan didaerah dataran tinggi yang dibangun di atas tanah lereng.. Pada penelitian ini dipakai model test dengan ukuran panjang 1,50 m, lebar 1,0 m dan tinggi 1,0 m. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui lokasi perkuatan geotekstil yang optimum pada jarak pondasi ke tepi lereng 9cm dan panjang perkuatan geotekstil 0,59H (29,8cm). Variasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah jumlah lapis geotekstil dan jarak antarlapis vertical geotekstil. Proses pemadatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah dengan membagi lereng sebanyak tujuh lapis, pemdatan dilakukan dengan metode kontrol volume, setiap lapisan dipadatkan menggunakan beton silinder yang digilas hingga mencapai ketinggian yang direncanakan, yaitu 10cm untuk setiap lapisnya. Pembebanan dilakukan dengan menambahkan beban secara bertahap setiap kelipatan 25kg hingga mencapai beban runtuh pada pemodelan lereng.Beban dimodelkan sebagai strip footing yang menyalurkan beban dari load cell. Hasil dari penambahan perkuatan geotekstil dalam penelitian ini menunjukan bahwa model lereng mengalami peningkatan daya dukung secara signifikan. Dimana jarak vertikal antarlapis perkuatan geotekstil terbaik pada saat rasio Sv/H 0,15 dengan jumlah lapisan sebanyak 3 lapis. Berdasarkan pengujian ini dapat disimpulkan bahwa semakin rapat jarak antarlapis vertikal geotekstil maka penambahan daya dukungnya semakin besar, dan semakin banyak jumlah lapis perkuatan(n=3) yang digunakan maka daya dukungnya semakin besar pula.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/21/051400736
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 10 Feb 2014 09:40
Last Modified: 21 Oct 2021 13:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142489
[thumbnail of 5.Bab_3.pdf]
Preview
Text
5.Bab_3.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 6.Bab_4.pdf]
Preview
Text
6.Bab_4.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 7.Bab_5.pdf]
Preview
Text
7.Bab_5.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8.Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
8.Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 9.Lampiran.pdf]
Preview
Text
9.Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 1.Cover.pdf]
Preview
Text
1.Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2.Daftar_Kelengkapan.pdf]
Preview
Text
2.Daftar_Kelengkapan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3.Bab_1.pdf]
Preview
Text
3.Bab_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4.Bab_2.pdf]
Preview
Text
4.Bab_2.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item