Elemen Fasad Ruang Pembelajaran Smk Pertanian Malang Dengan Konsep Agritecture

Jordan, NadiaAlmira (2014) Elemen Fasad Ruang Pembelajaran Smk Pertanian Malang Dengan Konsep Agritecture. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perubahan iklim yang ekstrim sebagai dampak pemanasan global telah terjadi di Indonesia dan semakin diperparah oleh kegiatan pertambangan secara besar-besaran. Kerusakan lingkungan, sebagai salah satu dampaknya, dapat mengganggu kesehatan karena kegiatan pengambilan sumber daya alam serta lahan hijau tanpa adanya pengganti ruang terbuka hijau. Berbagai usaha untuk menanggulangi dampak buruk hal tersebut telah dilakukan, salah satu konsep penerapannya pada bangunan dikenal dengan konsep green building. Konsep bangunan hijau tersebut telah banyak diterapkan oleh arsitek-arsitek di seluruh dunia, demi menciptakan bangunan yang tidak terlalu banyak memberi dampak negatif terhadap lingkungan di sekitarnya, dan juga menciptakan suasana alami di dalam bangunan. Salah satu bangunan yang tepat dalam penerapan konsep green building adalah SMK pertanian. SMK pertanian sebagai sarana pendidikan formal bidang pertanian, juga diharapkan dapat memberikan pembelajaran ramah lingkungan. Bagian konsep green building yang sedang banyak digunakan di area perkotaan adalah konsep agritecture, yaitu konsep penyatuan arsitektur dan agrikultur. Melalui konsep agritecture, penerapan sistem Building-Integrated Agriculture khususnya pada fasad SMK pertanian dapat memberikan pembelajaran pertanian vertikal dan konsep ramah lingkungan kepada siswa dan masyarakat sekitar. Perancangan elemen fasad SMK pertanian dengan konsep agritecture ini menggunakan metode analitis dengan metode pendekatan programatis, untuk mendapatkan sebuah desain fasad bangunan tersebut. Analisis yang dilakukan pada studi ini dibagi menjadi dua, yaitu analisis ruang pembelajaran SMK pertanian dan analisis konsep agritecture. Pada analisis ruang pembelajaran, dikaji jenis dan karakter ruang berdasarkan kegiatan yang diwadahi untuk mendapatkan kebutuhan pencahayaan dan penghawaan ruang pembelajaran, sehingga didapatkan persyaratan perletakaan dan arah hadap ruang, yang nantinya berpengaruh pada intensitas sinar matahari yang diterima tiap-tiap fasad ruangan. Selanjutnya pada analisis konsep agritecture, pengkajian dilakukan dengan mengambil beberapa aspek dasar pola sistem penanaman tanaman secara vertikal pada dinding bangunan, yaitu letak penanaman, metode penanaman, jenis media tanam dan jenis tanaman. Penerapan pada dinding bangunan dimaksudkan untuk memaksimalkan sinar matahari pada proses pertumbuhan tanaman produksi yang dibudidayakan. Hasil desain fasad ruang pembelajaran merupakan hasil kajian pola penanaman dan jenis tanaman disesuaikan dengan fasad bangunan terntentu. Penanaman vertikal tanaman pada fasad bangunan dalam studi ini diterapkan pada empat jenis ruangan yang memiliki perbedaan kebutuhan penghawaan dan pencahayaan. Terdapat beberapa metode penanaman yang disesuaikan dengan sistem pengairan tanaman. Perbedaan intensitas sinar matahari yang diterima setiap fasad bangunan akan mempengaruhi pola penanaman dan jenis tanaman yang diterapkan. Jenis tanaman pada konsep agritecture tersebut merupakan jenis tanaman produksi yang dapat tumbuh dalam pot dan merupakan tanaman yang termasuk di dalam tanaman sesuai dengan mata pelajaran yang dipelajari siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/163/051401424
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 690 Construction of buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 28 Feb 2014 09:42
Last Modified: 21 Oct 2021 13:18
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142438
[thumbnail of Skripsi-Nadia_Almira_Jordan.pdf]
Preview
Text
Skripsi-Nadia_Almira_Jordan.pdf

Download (14MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item