Implementasi Digital Subscriber Line Access Multiplekser (DSLAM) pada teknologi Very High Data Rate Digital Subscriber Line (VDSL)

Kusuma, AdityaAngga (2014) Implementasi Digital Subscriber Line Access Multiplekser (DSLAM) pada teknologi Very High Data Rate Digital Subscriber Line (VDSL). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Jaringan DSL atau xDSL (Digital Subscriber Line) adalah salah satu teknologi selain teknologi serat optik yang sudah banyak digunakan pada macam-macam sektor dan mendukung dalam layanan komunikasi pita lebar pada kabel tembaga yang dapat melayani, menyediakan layanan IP dan ATM (Asynchronous Transfer Mode). VDSL merupakan sasaran dari arsitektur jaringan ATM, dengan kecepatan 13 - 52 Mbps untuk downstream dan 1,5 - 2,3 Mbps untuk upstream-nya melalui sepasang kawat tembaga pada sisi client menuju central office. DSLAM (Digital Subscriber Line Access Multiplexer) adalah perangkat utama pada teknologi xDSL yang terletak pada central office, berfungsi untuk menggabungkan dan memisahkan kanal sinyal informasi berupa suara dan kanal sinyal informasi berupa data dengan menggunakan 2 jenis tipe modulasi yang digunakan, yaitu CAP (Carrierless Amplitude/Phase Modulation) dan DMT (Discrete Multi Tone). Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menganalisis kualitas dan terkeandalan implementasi Digital Subscriber Line Access Multiplekser (DSLAM) pada teknologi Very High Data Rate Digital Subscriber Line (VDSL) dengan menganalisis parameter redaman, delay end to end, dan throughput. Hasil analisis yang dilakukan menggunakan data yang didapatkan dari PT TELKOM DIVISI MULTIMEDIA-Malang, yaitu jarak transmisi client-central office sebesar 1000 m,1100 m,1700 m, dan 1800 m dengan kecepatan VDSL yang bervariasi sesuai data pelanggan. Hasil analisis yang didapatkan semakin besar nilai jarak antara Client dengan DSLAM maka nilai redaman semakin besar, hal tersebut ditunjukan pada jarak 1,7 Km nilai laju bit VDSL 768 Kbps nilai redaman 37,7 dB/Km dengan jarak 1,8 Km untuk nilai laju bit VDSL 764 Kbps nilai redaman 38,7dB/Km. Semakin besar kecepatan transmisi maka delay total semakin kecil, hal tersebut ditunjukan pada nilai laju bit VDSL 1126 Kbps jarak 1,8 Km MSS 576 byte nilai delay total 0,010070939 detik dengan nilai laju bit VDSL 608 Kbps jarak 1,8 Km MSS 576 byte nilai delay total 0,018515819 detik. Semakin besar kecepatan transmisi VDSL maka nilai throughput semakin besar untuk jaringan DSLAM pada VDSL, hal tersebut ditunjukan pada nilai laju bit VDSL 768 Kbps MSS 1500 byte nilai throughput 491,99 paket/sel dengan nilai laju bit VDSL 615 Kbps MSS 1500 byte nilai throughput 393,97 paket/sel.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/157/051401418
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 27 Feb 2014 08:29
Last Modified: 21 Oct 2021 13:16
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142431
[thumbnail of angga_BAB_V.pdf]
Preview
Text
angga_BAB_V.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of angga_BAB_VI.pdf]
Preview
Text
angga_BAB_VI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of angga_COVER.pdf]
Preview
Text
angga_COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of angga_kata_pengantar_abstrak_dll.pdf]
Preview
Text
angga_kata_pengantar_abstrak_dll.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of angga_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
angga_LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of angga_LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf]
Preview
Text
angga_LEMBAR_PERSETUJUAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of angga_new-Lembar_Pengesahan.pdf]
Preview
Text
angga_new-Lembar_Pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of angga_BAB__I.pdf]
Preview
Text
angga_BAB__I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of angga_BAB_II.pdf]
Preview
Text
angga_BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of angga_BAB_III.pdf]
Preview
Text
angga_BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of angga_BAB_IV.pdf]
Preview
Text
angga_BAB_IV.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item