Dispenser Pengisi Gelas Otomatis Menggunakan Sensor ultrasonik Dan Sensor Posisi Resistif

Kusbintarti, Dwisnita (2014) Dispenser Pengisi Gelas Otomatis Menggunakan Sensor ultrasonik Dan Sensor Posisi Resistif. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem pengisian air otomatis ke dalam gelas telah dimanfaatkan oleh beberapa restoran cepat saji berskala besar. Sistem otomatis ini memiliki kelemahan yaitu gelas yang dapat diisi otomatis hanya gelas dengan volume-volume tertentu sehingga gelas yang digunakan harus disesuaikan dengan volume air yang dipilih. Dalam skripsi ini dibahas perancangan dispenser yang dapat mengisi gelas secara otomatis sesuai volume gelas tersebut. Gelas dideteksi oleh modul sensor ultrasonik HCSR04, kemudian diukur tingginya dengan sensor potensiometer. Setelah itu gelas diisi air panas atau dingin sesuai pilihan pengguna hingga level air 1 cm sebelum tepi gelas. Suhu air panas dikontrol oleh thermostat yang dihubungkan ke pemanas. Pengisian air dikontrol dengan pembukaan solenoid valve dan aktivasi pompa yang disesuaikan dengan hasil pengukuran level air oleh modul HCSR04. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem mampu mengisi air ke dalam gelas hingga 1 cm sebelum mulut gelas dengan error terbesar 1,2 cm dan dapat menghentikan pengisian air sewaktu-waktu ketika tombol stop ditekan. Hasil pengujian juga menunjukkan bahwa suhu air panas dapat dikontrol sebesar 80°C.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/15/051400629
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 10 Feb 2014 08:51
Last Modified: 21 Oct 2021 13:13
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142423
[thumbnail of Buku_Skripsi.pdf]
Preview
Text
Buku_Skripsi.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item