Pengaruh Variasi Diameter Shoulder Dan Welding Speed Terhadap Kekuatan Tarik Sambungan Hasil Friction Stir Welding Pada Aluminium

Sudrajat, Bahar (2014) Pengaruh Variasi Diameter Shoulder Dan Welding Speed Terhadap Kekuatan Tarik Sambungan Hasil Friction Stir Welding Pada Aluminium. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Friction stir welding (FSW) merupakan salah satu teknik pengelasan baru yang diciptakan oleh The Welding Institute (TWI), Cambridge, Inggris. FSW termasuk unconsumable solid-state joining process yang berarti pengelasan tanpa bahan tambah dan suhu kerjanya tidak melewati titik lebur benda kerja. Prinsip kerja dari FSW adalah memanfaatkan gesekan dari tool yang berputar dan bergerak pada alur pengelasan dengan benda kerja yang diam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari pengaruh parameter – parameter utama yang ada pada proses pengelasan FSW (friction stir welding) terhadap kekuatan tarik sambungan las Aluminium, pada penelitian kali ini pengelasan akan dilakukan dengan bantuan mesin milling standar, dan tipe sambungan yang digunakan adalah butt joint. Pada penelitian kali ini melibatkan tiga parameter utama, dimana dua parameter yaitu diameter shoulder dan welding speed divariasikan, dan kecepatan putar dijaga konstan. Diameter shoulder yang digunakan (8; 10; dan 12mm) sedangkan welding speed (42; 55; dan 74 mm/menit) dan rpm dijaga konstan pada 2257. Dari penelitian kali ini tegangan tarik maksimum yang diperoleh adalah 114,22 MPa atau 77.17 % dari kekuatan tarik maksium logam induk yang kami gunakan, tegangan tarik maksimum yang diperoleh merupakan hasil pengelasan pada kondisi dimana welding speed 74 mm/detik dan diameter shoulder 10 mm.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/142/051401353
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 26 Feb 2014 09:04
Last Modified: 21 Oct 2021 13:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142414
[thumbnail of SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item