Rancangan Sistem Pengendalian Otomatis Konveyor Buah (Fruit Shredder Feeding)

Hartomo, MArieHendroTri (2014) Rancangan Sistem Pengendalian Otomatis Konveyor Buah (Fruit Shredder Feeding). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Konveyor merupakan penggerak utama dalam proses industri, otomatisasi dalam pengoperasian konveyor sangatlah diperlukan untuk peningkatan efisiensi dan produktivitas perusahaan. Dalam skripsi ini dirancang sistem pengaturan motor penggerak konveyor berdasarkan perameter putaran motor shredder sebagai bentuk tereduksi dari ukuran sesungguhnya, sebagai model untuk memahami prinsip kerja dan pengendalian motor penggerak konveyor digunakan skala motor yang ada di laboratorium. Sistem konveyor buah di industri-industri digunakan untuk membawa (menggiring) buah untuk masuk ke dalam lorong ruang penghancur buah. Pengendalian dilakukan dengan memberikan variasi tegangan pada masukan rangkaian pengendali thyristor, yang dilakukan dengan mengubah-ubah sudut penyalaan (pemicuan) thyristor yang sesuai untuk pengasumsian penggerak motor yang berada di agrokusuma home industry sebagai pembanding skala asli dengan skala laboraturium. Motor berfungsi sebagai penggerak dengan menggunakan komponen thyristor sebagai pengatur kecepatan dan menggunakan komponen IC LM3915 untuk pengatur sensor level trip tegangan . Hasil pengujian menunjukkan bahwa rancangan sistem pengendalian otomatis fruit shredder feeding dapat berfungsi sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan yang artinya kecepatan motor shredder bersifat linier dengan motor konveyor sehingga terjadi keseimbangan suplai buah pada motor shredder oleh motor konveyor.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/124/051401306
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 21 Feb 2014 13:33
Last Modified: 21 Oct 2021 13:05
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142387
[thumbnail of BAB_5_6_LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
BAB_5_6_LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of LAIN_LAIN.pdf]
Preview
Text
LAIN_LAIN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_4.pdf]
Preview
Text
BAB_4.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_2_3.pdf]
Preview
Text
BAB_I_2_3.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of JUDUL.pdf]
Preview
Text
JUDUL.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item