Implementasi Sistem Voice Recognition Pada Robot Pemindah Objek Sebagai Sistem Navigasi

Ardi, JatraKurnia (2014) Implementasi Sistem Voice Recognition Pada Robot Pemindah Objek Sebagai Sistem Navigasi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di bidang robotika membawa dampak positif dalam kehidupan manusia yang pada saat ini telah sampai pada zaman autonomous robot. Perkembangan di bidang robotika ini juga mampu memberikan dampak positif di bidang industri. Salah satu contohnya adalah proses memindahkan sebuah barang/objek dari suatu tempat ke tempat lainnya. Penggunaan mobile robot yang dapat memindahkan barang/objek dapat menekan biaya produksi dan meningkatkan efisiensi waktu. Dalam kenyataannya, sering dijumpai robot pemindah barang/objek yang salah satu sistem kerjanya adalah dengan cara memberi perintah pada mobile robot tersebut menggunakan lebih dari satu tombol atau dalam bentuk joystick. Oleh karena itu, dalam skripsi ini akan dirancang Implementasi Sistem Voice Recognitionpada Robot Pemindah Objek sebagai Sistem Navigasi.Metode pengambilan sample suara pada modul EasyVR dilakukan sebanyak dua kali pengambilan suara dengan variasi pengucapan yang relatif sama pada setiap kata. Hal ini dilakukan sesuai dengan kemampuan EasyVR yang tidak bisa menerima pengucapan variasi suara kedua jika berbeda dengan variasi pengucapan suara pertama. Selain itu, EasyVR commander memberi batas waktu selama 5 detik untuk setiap pengucapan suara yang akan dijadikan sample. Penerapan sistem voice recognition pada robot pemindah objek dapat digunakan sebagai sistem navigasi robot meskipun belum mampu menggantikan penggunaan perangkat berupa joystick.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2014/103/051401242
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 21 Feb 2014 14:18
Last Modified: 21 Oct 2021 12:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142363
[thumbnail of Seminar__Hasil.pdf]
Preview
Text
Seminar__Hasil.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Skripsi_1.pdf]
Preview
Text
Skripsi_1.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item