Kajian Persepsi Masyarakat Terhadap Sarana dan Prasarana di Kawasan Perbatasan (Studi Kasus: Kecamatan Sajingan Besar Kalimantan Barat)

Irmasari, Ade (2013) Kajian Persepsi Masyarakat Terhadap Sarana dan Prasarana di Kawasan Perbatasan (Studi Kasus: Kecamatan Sajingan Besar Kalimantan Barat). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kecamatan Sajingan Besar merupakan salah satu kawasan perbatasan di Indonesia, yang berbatasan darat secara langsung dengan Malaysia. Adanya Pos Pemeriksaan Lintas Batas (PPLB) Aruk di Kecamatan Sajingan Besar memungkinkan pergerakan masyarakat menuju Malaysia menjadi semakin besar. Hal ini juga diakibatkan belum terpenuhinya sarana-prasarana dasar maupun sarana-prasarana perbatasan yang dibutuhkan oleh masyarakat sehingga masih adanya pergerakan pemenuhan kebutuhan menuju Malaysia. Pemenuhan sarana dan prasarana yang menjadi kebutuhan masyarakat merupakan salah satu strategi untuk menghindari ketergantungan dengan negara lain dan menjaga kedaulatan Republik Indonesia di kawasan perbatasan. Hal ini juga didasarkan pada rencana fungsi kawasan berupa pusat pertumbuhan kawasan perbatasan, pusat pelayanan wilayah belakang, pusat perhubungan antar wilayah, pusat industri pengolahan, dan (sub) pusat permukiman. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mengetahui karakteristik sarana-prasarana dan pola pergerakan yang terdapat Kecamatan Sajingan Besar sebagai kawasan perbatasan Indonesia-Malaysia dan (2) mengkaji persepsi masyarakat terhadap kondisi dan pelayanan sarana dan prasarana yang terdapat di Kecamatan Sajingan Besar dikaitkan dengan fungsi kawasan perbatasan Indonesia-Malaysia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan analisis tingkat kepuasan masyarakat terhadap sarana-prasarana menggunakan Importance Performance Analysis (IPA) dan standar sarana-prasarana, serta dikaitkan dengan kebijakan yang berlaku di wilayah penelitian. Berdasarkan analisis tersebut selanjutnya diolah untuk mengetahui jenis dan jumlah sarana-prasana yang dibutuhkan oleh masyarakat di Kecamatan Sajingan Besar. Sarana dan prasarana di Kecamatan Sajingan Besar masih belum mampu memenuhi kebutuahan masyarakatnya. (1) Masih terdapat sarana-prasarana yang tidak sesuai standar, seperti SMA dimana ada kondisi eksisiting berjumlah 1 unit sedangkan pada standar seharusnya berjumlah 2 unit. Pergerakan masyarakat terbesar merupakan pergerakan internal dalam lingkup kecamatan. Namun masih terdapat pergerakan eksternal menuju Malaysia untuk pemenuhan kebutuhan berbelanja dan rekreasi, sehingga perlunya pengembangan sarana-prasarana untuk memenuhi kebutuhan tersebut. (2) Kebutuhan sarana dan prasarana berdasarkan persepsi masyarakat, standar, dan kebijakan antara lain perlunya perbaikan dan taman kanak-kanak, SMA, dan jaringan jalan, serta penambahan jumlah SMA, pertokoan, pasar, jaringan telekomunikasi, jaringan listrik dan jaringan jalan. Selain itu juga diperlukan beberapa penambahan sarana-prasarana perbatasan penunjang fungsi kawasan, antara lain tempat penukaran uang, perkantoran yang memiliki fungsi perpajakan dan kepabeanan, imigrasi, keamanan, terminal orang dan barang, pengembangan peruntukan kawasan industri, serta pengembangan kegiatan pariwisata yang didukung dengan rest area dan perbankan akses menuju lokasi wisata

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/7/051301091
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities > 307.1 Planning and development > 307.121 6 City planning
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaa Wilayah dan Kota
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 04 Apr 2013 15:08
Last Modified: 21 Oct 2021 12:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142330
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Cover,_Lembar_Persetujuan-Pengesahan,_Pernyataan,_dan_Ringka.pdf]
Preview
Text
Cover,_Lembar_Persetujuan-Pengesahan,_Pernyataan,_dan_Ringka.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_I.pdf]
Preview
Text
Lampiran_I.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of Lampiran_II.pdf]
Preview
Text
Lampiran_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Pengantar_dan_Daftar_Isi-Tabel-Gambar.pdf]
Preview
Text
Pengantar_dan_Daftar_Isi-Tabel-Gambar.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item