Potensi Pengembangan Desa Wisata di Kecamatan Wonosalam

Wahyuni, DesyNurma (2014) Potensi Pengembangan Desa Wisata di Kecamatan Wonosalam. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kecamatan Wonosalam merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Jombang yang terkenal akan pariwisatanya khususnya wisata alam, namun pariwisata yang ada masih belum terkelola dengan baik sehingga belum didapatkan kontribusi yang maksimal bagi Kecamatan Wonosalam khususnya bagi desa tempat destinasi tersebut berada. Pariwisata yang potensial untuk dikembangkan adalah wisata alam dan wisata minat khusus. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh dalam pengembangan desa wisata dan juga untuk mengetahui bagaimana peluang pengembangan desa-desa yang ada di Kecamatan Wonosalam untuk dikembangkan menjadi desa wisata sehingga dapat diketahui konsep dan arahan pengembangan yang tepat. Analisis yang digunakan untuk mendukung penelitian ini yaitu analisis faktor dan AHP (Analytcal Hierarchy Process) untuk mengetahui faktor-faktor yang berpengaruh dalam pengembangan desa wisata beserta nilai AHP juga dengan metode skoring untuk pemilihan desa yang cocok untuk dikembangkan menjadi desa wisata. Hasil dari analisis faktor menunjukkan terdapat 17 faktor yang berpengaruh dalam pengembangan desa wisata yang tersebar dalam lima komponen baru pariwisata, yaitu komponen 1 pariwisata, komponen 2 pariwisata, komponen 3 pariwisata, komponen 4 pariwisata dan komponen 5 pariwisata. Dari analisis AHP didapatkan nilai pembobotan untuk masing-masing komponen adalah sebagai berikut komponen 1 pariwisata (17), komponen 2 pariwisata (18), komponen 3 pariwisata (18), komponen 4 pariwisata (37) dan komponen 5 pariwisata (10). Faktor-faktor hasil dari analisis faktor dan AHP kemudian dimasukkan dalam metode skoring untuk menentukan desa yang berpeluang untuk dikembangkan menjadi desa wisata, dari hasil skoring didapatkan bahwa desa yang cocok untuk dikembangkan menjadi desa wisata adalah Desa Panglungan dengan nilai 766 dan Desa Wonosalam dengan nilai 745. Konsep arahan pengembangan yang cocok dikembangkan adalah natural education tourism, karena adanya kegiatan wisata alam dan minat khusus yang juga menanamkan nilai-nilai edukasi konservasi alam dan pengembangan karakter diri. Arahan pengembangan diwujudkan dengan memperbaiki kondisi yang belum maksimal dengan tetap menjaga konsep natural education tourism.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/570/051400812
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 10 Feb 2014 11:32
Last Modified: 21 Oct 2021 12:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142307
[thumbnail of 4._RINGKASAN_&_KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
4._RINGKASAN_&_KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 1._COVER.pdf]
Preview
Text
1._COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3._SURAT_PERNYATAAN_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
3._SURAT_PERNYATAAN_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2._LEMBAR_PERSETUJUAN_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
2._LEMBAR_PERSETUJUAN_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5._DAFTAR_ISI_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
5._DAFTAR_ISI_SKRIPSI.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6._BAB_I.pdf]
Preview
Text
6._BAB_I.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 10._BAB_V.pdf]
Preview
Text
10._BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 7._BAB_II.pdf]
Preview
Text
7._BAB_II.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 8._BAB_III.pdf]
Preview
Text
8._BAB_III.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of 11._DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
11._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12._LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
12._LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 13._LAMPIRAN_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
13._LAMPIRAN_SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item