Evaluasi Kapasitas Dan Kebutuhan Ruang Parkir Rumah Sakit PHC Surabaya Dengan Metode Ipa Dan Swot

Ervita, Novi (2013) Evaluasi Kapasitas Dan Kebutuhan Ruang Parkir Rumah Sakit PHC Surabaya Dengan Metode Ipa Dan Swot. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Di era globalisasi saat ini, transportasi merupakan bagian dari aktifitas masyarakat yang tidak lepas dari permasalahan prasarana transportasi seperti masalah kebutuhan parkirnya. Hal tersebut merupakan suatu fenomena yang biasa terjadi terutama di kota-kota besar seperti di kota Surabaya. Permasalahan tersebut terjadi pada kawasan-kawasan di daerah perkotaan seperti pada kawasan rumah sakit. Rumah sakit sebagai salah satu pusat kegiatan yang tidak terlepas dari masalah prasarana transportasi khususnya masalah perparkiran dengan sedikit banyak mengurangi tingkat kenyamanan dan keamanan dalam lingkungan rumah sakit itu sendiri. Perkembangan teknologi yang semakin pesat, dan semakin banyak fasilitas-fasilitas yang ditawarkan (paramedis, jumlah tempat tidur, dokter dan lain-lain) oleh suatu rumah sakit maka semakin besar jumlah tarikan pengunjungnya. Hal ini juga akan berdampak pada besarnya jumlah ruang parkir yang dibutuhkan. Studi ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik parkir (volume, kapasitas, akumulasi, durasi dan tingkat okupansi parkir) dan kebutuhan ruang parkir di rumah sakit PHC Surabaya serta memberikan rekomendasi penanganan atau perbaikan untuk menangani masalah yang ada. Metode pegambilan data primer yaitu dengan cara melakukan survey terhadap kendaraan parkir dengan menggunakan metode survey Plat Nomor Kendaraan. Survey dilakukan pada hari Senin, 19 Agustus 2013 dan Rabu, 21 Agustus 2013 pada pukul 06.00 sampai dengan pukul 18.00. Survey dilakukan dengan cara menempatkan surveyor pada masing-masing pintu masuk, pintu keluar dan lahan parkir kendaraan bermotor untuk mencatat data yang diperlukan, yaitu plat nomor kendaraan, jenis kendaraan, waktu masuk dan keluar kendaraan. Metode analisis deskriptif utuk menarik suatu kesimpulan berbentuk prosentase dari karakteristik umum responden. Metode analisis karakteristik parkir meliputi : perhitungan kapasitas secara teoritis, perhitungan durasi, perhitungan akumulasi, perhitungan okupansi. Metode IPA dan SWOT untuk mengetahui tingkat pelayanan parkir dan solusi penanganannya. Kapasitas ruang parkir adalah petak parkir yang mampu disediakan fasilitas parkir disesuaikan dengan pola parkir. Kapasitas ruang parkir dibagi menjadi dua yaitu kapasitas teoritis dan kapasitas terpasang. Perhitungan kapasitas teoritis dapat dilakukan dengan menggunakan rumus yang tersedia sesuai dengan ukuran Satuan Ruang Parkir (SRP) kendaraan pada peraturan atau langsung menghitung sesuai dengan marka pada lahan parkir. Ukuran SRP untuk kendaraan mobil yaitu 5 m x 2,5 m =12,5 m2 , Sedangkan untuk sepeda motor yaitu 2 m x 0,75 m = 1,5 m2 . Kapasitas terpasang dicari dengan menghitung langsung jumlah kendaraan yang ada di lapangan. Besar kapasitas terpasang lebih besar 9% sampai dengan 15% dari kapasitas teoritis. Dari analisis yang dilakukan durasi rata-rata kendaraan parkir pada Rumah Sakit PHC Surabaya untuk mobil adalah sebesar 3 jam 6 menit dan motor sebesar 4 jam 48 menit. Perhitungan nilai okupansi yang efisien menurut hitungan dibutuhkan 255 petak parkir untuk sepeda motor, sehingga dengan menggunakan nilai okupansi tersebut maka semua kendaraan yang akan parkir akan mendapatkan tempat parkir. Namun lahan tersebut hanya terisi > 90% sepeda motor selama 3 jam (13:30-16:30) dan terisi 80% sepeda motor selama (08:30-16:30) . Hal ini telah menunjukan efisien yang tinggi. Nilai okupansi yang paling efisien menurut hitungan dibutuhkan 136 petak parkir untuk mobil, maka selama 1 jam terdapat sekitar 2 kendaraan yang akan parkir tetapi tidak mendapatkan tempat parkir. Namun lahan tersebut akan terisi > 90% mobil selama 10 jam (08:30-18:30). Hal tersebut menunjukkan efisien yang tinggi. Pendapat pengguna tentang pelayanan parkir juga dipertimbangkan dalam membuat solusi. Alternatif solusi yang ditawarkan adalah dengan pembuatan gedung parkir untuk mengatasi masalah karakterstik parkir, sedangkan untuk pelayanan parkir alternatifnya adalah Mengatur sirkulasi kendaraan keluar masuk area parkir khususnya pada pintu masuk-keluar mobil dan sepeda motor menjadi lebih baik agar jumlah pengunjung rumah sakit PHC ataupun pengunjung café pisang menjadi lebih puas terhadap pelayanan rumah sakit, mengoptimalkan penggunaan karcis parkir dan menerapkan pada semua pengguna jasa parkir agar pengguna parkir mempunyai bukti parkir, Pemeriksaan STNK pada kendaraan keluar masuk lokasi parkir, menyediakan tukang parkir yang baik, tanggap dan terampil di sekitar cafe pisang pada rumah sakit PHC Surabaya, membuat area parkir rumah sakit PHC Surabaya lebih bersih, memberikan informasi kepada pensiunan dari pegawai pelabuhan persero asuransi dari rumah sakit PHC Surabaya, memberikan system security parking pada pelayanan parkir pada pelataran parkir PHC, memberikan fasilitas jok motor bagi penguna sepeda motor agar pemilik kendaraan merasa lebih nyaman unuk parkir di rumah sakit PHC Surabaya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/514/051311847
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 27 Dec 2013 14:14
Last Modified: 27 Dec 2013 14:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142245
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item