Analisa Hidrolika Aliran Pada Bendung Gerak Batang Asai Di Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi Yang Ditempatkan Di Tikungan Sungai (Tinjauan Hitungan Analitik Dan Hasil Uji Model Fisik Skala Distorsi)

Fathoni, MuhammadAli (2013) Analisa Hidrolika Aliran Pada Bendung Gerak Batang Asai Di Kabupaten Sarolangun Provinsi Jambi Yang Ditempatkan Di Tikungan Sungai (Tinjauan Hitungan Analitik Dan Hasil Uji Model Fisik Skala Distorsi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Provinsi Jambi dengan luas daratan 53.435 Km² mempunyai luas daerah pertanian 18.222 Km². Daerah Irigasi Batang Asai merupakan salah satu daerah irigasi yang masuk dalam program pengembangan yang dilakukan Balai Wilayah Sungai Sumatera VI. Dengan potensi persawahan yang luas, diharapkan daerah irigasi ini nantinya akan menjadi lumbung padi di Provinsi Jambi, khususnya Kabupaten Sarolangun. Wilayah Sungai Batang Asai adalah salah satu sumber daya air yang sangat potensial untuk dikembangkan secara terpadu dan optimal dalam upaya peningkatan penyediaan air hingga beberapa waktu mendatang, guna mencapai keseimbangan antara kebutuhan dan ketersediaan air. Salah satu alternatif pemecahannya adalah dengan membangun suatu Bendung gerak yang dapat meninggikan muka air dan dapat mengatur muka air di sungai. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui kondisi hidrolika aliran, perubahan dasar dan aman terhadap Sungai Batang Asai di Jambi, untuk mendapatkan alternatif bukaan pintu untuk pemanfaatan yang optimal untuk keperluan irigasi, dll dan untuk mencari solusi apabila terjadi gejala vortex. Analisa kondisi hidrolika Sungai Batang Asai dan sesudah dibangun Bendung Gerak Batang Asai ditinjau berdasarkan hasil uji model fisik Bendung Gerak Batang Asai dengan skala distorsi horizontal 1:100, vertikal 1:40. Dari hasil analisis dan uji model fisik, diketahui terjadi gejala vortex di hulu pintu karena posisi As bendung terletak di tikungan. Berdasarkan hasil uji model fisik dengan usulan operasi pintu yang diuji dan penanganan khusus, dapat dihasilkan aliran merata sempurna dan tidak terdapat gejala vortex. Peredam energi juga efektif untuk meredam aliran dari pintu. Kapasitas pintu mampu menjaga elevasi muka air di hulu sehingga aman terhadap bahaya overtopping, serta dapat memenuhi kebutuhan air irigasi untuk DI Batang Asai Kiri sebesar 10,96 m3/dt dan DI Batang Asai Kanan sebesar 0,78 m3/dt . Desain peredam energi menggunakan USBR IV ini efektif meredam kecepatan dan energi menuju hilir sungai, kondisi aliran dalam kolam olak keadaan subkritis dan dengan proteksi dasar sungai setelah peredam energi mampu mereduksi aliran dan mengatur aliran ke hilir sungai dan aman terhadap ancaman gerusan local. Didapatkan hasil Pengujian pola gerusan dengan menganggap bahwa dasar sungai di hilir peredam energi sama dengan dasar sungai asli, gerusan terdalam yang terjadi pada saat debit rencana (Q100) mencapai kisaran antara 3,2 m - 3,8 m dengan posisi terdalam berjarak 10 m dari ujung akhir peredam energi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/491/051311039
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 04 Dec 2013 08:40
Last Modified: 21 Oct 2021 12:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142222
[thumbnail of BAB_IV__FIX.pdf]
Preview
Text
BAB_IV__FIX.pdf

Download (7MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_FIX.pdf]
Preview
Text
BAB_III_FIX.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V_FIX.pdf]
Preview
Text
BAB_V_FIX.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of COVER_SKRIPSI_&_LEMBAR_PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
COVER_SKRIPSI_&_LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI_,DAFTAR_GAMBAR,TABEL_&_DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI_,DAFTAR_GAMBAR,TABEL_&_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II__FIX.pdf]
Preview
Text
BAB_II__FIX.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_FIX.pdf]
Preview
Text
BAB_I_FIX.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item