Najib, Muhammad (2013) Pusat Otomotif Honda Tunjungan Surabaya dengan Tatanan Ruang Display yang Atraktif. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Sektor otomotif merupakan salah satu sektor yang paling berpotensi paling besar dalam sebagai penggerak roda ekonomi Negara di bidang industri dan perdagangan, terbukti dalam beberapa tahun terakhir, dapat dilihat jumlah pengguna kendaraan bermotor semakin melunjak, tingkat permintaan akan produk kendaraan bermotor yang tidak pernah menurun, dikarenakan varian yang ditawarkan distributor otomotif yang semakin beragam disesuaikan dengan tingkat pendapatan dan fungsi yang diinginkan oleh konsumennya. Seiring dengan tingginya minat masyarakat membeli mobil, maka permintaan akan tersedianya mobil juga otomatis melunjak sehingga produsen memerlukan peningkatan dalam jumlah showroom sebagai wadah penjualan mobil. Perancangan Pusat Otomotif Honda Tunjungan Surabaya dengan tatanan ruang display yang atraktif, tepatnya dirancang di daerah Central Business District pada kota Surabaya di jalan Tunjungan, yang bertujuan menciptakan suatu wadah penjualan mobil dengan tata ruang display yang atraktif yang dapat semakin menarik minat masyarakat untuk datang dan membeli serta menjadikan wadah ini sebagai bangunan yang dapat mencirikan produknya dan sebagai perwujudan citra Honda sebagai produsen mobil terbesar yang sudah mendunia yang diwujudkan dalam suatu bangunan yang memiliki keunggulan dari segi estetika arsitektur pada tampilan bangunan dan ruang dalam yang dibentuk dari pemanfaatan bahan dan struktur. Pada perancangan ini menggunakan metode deskriptif analitik, dimana terdapat tiga tahapan yaitu tahapan pre-programming yaitu idientifikasi masalah kemudian dilakukan pengumpulan data, yang didapat dari data primer melalui proses survey lapangan dan data sekunder yang diperoleh dari studi litelatur/pustaka dan studi komparasi, selanjutnya tahapan yang kedua adalah tahapan programming dimana didalamnya dilakukan analisa terhadap data-datang yang telah terpilih yang selanjutnya berlanjut ketahapan terakhir yaitu tahapan post-proggamming dimana dalam tahapan ini dilakukan sintesa yang kemudian menghasilkan suatu gagasan berupa konsep yang kemudian dikembangkkan lebih lanjut dalam proses desain yang dirancang berdasarkan strategi perancangan bangunan dan interior, yang pada akhirnya menghasilkan sebuah produk desain. Produk desain yang dihasilkan merupakan sebuah pusat otomotif mobil Honda yang memiliki ruang display yang bertema atraktif yang dirancang berdasar unsur-unsur dan prinsip perancangan interior yang diterapkan pada elemen elemen pada ruang display ( lantai, dinding dan plafon) serta aksesoris dan furnitur, yang dalam produk ini juga dilengkapi berbagai fasilitas seperti area display outdoor, area test drive, café, kidsplay, parkir outdoor dan indoor, bengkel hingga kantor. Seluruh fasilitas tersebut diwadahi dalam suatu wadah yaitu Pusat otomotif Honda Tunjungan Surabaya
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FT/2013/462/051309799 |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 690 Construction of buildings |
Divisions: | Fakultas Teknik > Arsitektur |
Depositing User: | Hasbi |
Date Deposited: | 06 Nov 2013 10:06 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 11:59 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142192 |
Preview |
Text
2.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
3.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
5.pdf Download (2MB) | Preview |
Preview |
Text
4.pdf Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
1.pdf Download (1MB) | Preview |
Actions (login required)
View Item |