Studi Perencanaan Saluran Banjir (Floodway) Di Muara Sungai Cenranae Di Teluk Bone Sulawesi Selatan

Nugroho, Fajar (2013) Studi Perencanaan Saluran Banjir (Floodway) Di Muara Sungai Cenranae Di Teluk Bone Sulawesi Selatan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Banjir besar yang terjadi setiap tahun akibat meluapnya Sungai Cenranae mengakibatkan kerusakan sarana fasilitas umum, kebun, sawah dan daerah permukiman terutama jalan propinsi. Ada beberapa faktor penyebab terjadinya banjir, diantaranya adalah: lokasi daerah yang berada di dataran rendah dan hampir rata dengan permukaan laut, lokasi daerah yang merupakan dataran banjir dari pertemuan beberapa sungai, terjadinya sedimentasi yang menyebabkan naiknya muka air sungai pada waktu banjir, dan sistem drainase kota yang masih belum terencana secara sistematis dan menyeluruh. Berkaitan dengan upaya untuk mengendalikan masalah banjir di Sungai Cenranae, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah usaha pembangunan kanal banjir atau floodway untuk mengalirkan debit banjir dari Sungai Cenranae sehingga muka air sungai pada saat terjadi debit banjir tidak meluap dan menimbulkan kerugian bagi masyarakat di sekitar sungai. Salah satu upaya yang dapat diupayakan untuk mengatasi banjir pada kawasan hilir Sungai Cenranae adalah dengan pembangunan floodway. Untuk perencanaan floodway direncanakan pada Patok 149 dengan pertimbangan lokasi tersebut jauh dari pemukiman penduduk dan profil sungainya cenderung lurus, untuk debit rencana digunakan Q25 sebesar 1588,75 m3/det dan Qpelimpah yang merupakan debit setelah Q25 – Qkapasitassungai adalah 1295,83 m3/det. Untuk menanggulangi banjir yang masih terjadi setelah dibangun floodway, direncanakan pembangunan tanggul di sepanjang Sungai Cenranae. Dengan tinggi tanggul yang bervariasi disesuaikan dengan tinggi muka air banjir yang terjadi pada tiap patok. Pada studi ini direncanakan bangunan antara lain: Floodway dengan penampang tunggal berbentuk trapesium dengan dimensi lebar saluran 100m, tinggi 6 m dan panjang 8 km. Mercu Pelimpah OGEE Tipe 1dengan tinggi dari dasar sungai 3,3 m dan lebar 100m. Kolam Olak tipe USBR IV dengan panjang 20 m. Tanggul sepanjang Sungai Cenranae dengan elevasi +3.3 hingga +7.83.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/454/051309791
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 29 Oct 2013 14:09
Last Modified: 21 Oct 2021 11:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142183
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (8MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item