Sistem Antrean dengan Pemanggilan Nama pada Pemungutan Suara Menggunakan RFID

Safitri, AshriLintangAldi (2013) Sistem Antrean dengan Pemanggilan Nama pada Pemungutan Suara Menggunakan RFID. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sistem antrean otomatis berbasis teknologi dengan pemanggilan nomor antrean telah dimanfaatkan oleh beberapa fasilitas layanan publik. Sistem otomatis ini memiliki kelemahan yakni adanya kewajiban bagi pengantre untuk mengingat nomor antrean agar tidak harus mengantre kembali dari awal ketika antreannya terlewati. Skripsi ini menjelaskan tentang sistem antrean dengan pemanggilan nama yang ditujukan untuk kegiatan pemungutan suara. Peserta pemungutan suara (voter) diidentifikasi melalui tag RFID (Radio Frequency Identification) pasif TK4100 yang dibaca oleh RFID Starter Kit berbasis ID-12. Pemanggilan antrean voter dilakukan secara visual dan audio dengan mengonversi data tulisan menjadi data suara melalui software Borland Delphi 7 dengan sumber data berasal dari database yang dibuat menggunakan MySQL. Dari hasil pengujian didapatkan bahwa jarak baca maksimal RFID Starter Kit adalah 4,5 cm. Hasil pengujian juga menunjukkan bahwa sistem mampu melakukan pencarian data voter, penyimpanan urutan antrean, pemanggilan antrean serta pengubahan status voter yang telah melakukan pemungutan suara dengan tingkat keberhasilan 100%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/439/051309347
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 30 Oct 2013 15:25
Last Modified: 21 Oct 2021 11:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142168
[thumbnail of Laporan_Skripsi_Ashri_Lintang_AS.pdf]
Preview
Text
Laporan_Skripsi_Ashri_Lintang_AS.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item