Kinerja Penerapan Model Jendela Adaptif Pada Bangunan Rumah Tinggal Sederhana Di Malang

Rachmad, Erdwiansa (2013) Kinerja Penerapan Model Jendela Adaptif Pada Bangunan Rumah Tinggal Sederhana Di Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Permasalahan yang terjadi pada bangunan rumah tinggal sederhana dengan kondisi tipe jendela yang ada terkadang tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan kenyamanan termal. Adanya studi terdahulu terkait pengembangan jendela perumahan di Kota Malang menghasilkan suatu model bukaan, yaitu Jendela Adaptif. Oleh karena itu sangatlah perlu suatu penelitian untuk mengkaji kinerja penerapan Jendela Adaptif pada bangunan rumah tinggal sederhana. Hal ini terkait kondisi dan perbandingan termal pada rumah yang memakai Jendela Adaptif dengan yang tidak memakai Jendela Adaptif (Jendela Non-Adaptif) dan rekomendasi yang dapat diberikan terkait dari hasil penelitian terdahulu. Obyek bangunan yang diambil adalah rumah tipe 40 di Perumahan Griya Saxofone, Malang, yang merupakan tipikal model rumah sehat dengan lahan terbatas. Penelitian dilakukan pada rumah Griya Saxofone 40 dan Griya Saxofone 42. Mengingat rumah ini merupakan rumah yang tipikal, jadi pengukuran perbandingan dapat dilakukan. Pengukuran dilakukan pada masing-masing ruang kamar tidur yang terhubung langsung dengan area outdoor. Data-data penelitian yang telah terkumpul tersebut, kemudian dianalisa dengan menggunakan metode perbandingan antara Jendela Non-Adaptif dengan Jendela Adaptif yang dilakukan dengan cara manual. Hal ini dilakukan guna mendapatkan hasil untuk memecahkan permasalahan. Sedangkan data sekunder menjadi dasar analisa dan pendukung penelitian. Dari hasil yang ditunjukan secara keseluruhan, kinerja Jendela Adaptif bisa dikatakan dapat mendekati kenyamanan termal, khususnya pada musim kemarau. Secara keseluruhan dapat menurunkan kelembaban dan suhu. Selain itu, kinerja Jendela Adaptif juga dapat mempertahankan kelembaban dan suhu dari pergerakan perubahan kelembaban dan suhu yang ekstrim.

English Abstract

Problems that occur in residential simple house buildings with existing window type is often not sufficient of thermal comfort. The existence of previous research related development of residential windows in Malang to produce a window model, namely Adaptive Window. Therefore, it is need a necessary study to assess performance of the application of adaptive window in residential simple house. It is related the thermal comfort and comparisons on taking house with Adaptive Window with do not use Adaptive Window (Non-Adaptive Window) and related recommendations can be given of the results to previous research. Object is type 40 of house building in Griya Saxofone, Malang, which is typical model of healthy house with limited space. The research was conducted at the Griya Saxofone Griya Saxofone 40 and 42. The comparison measurement can be performed because this house is a typical house. Measurements were taken at each of the bedroom that is connected directly to the outdoor area. Research data that has been collected, and then analyzed by using manually comparision of method between Non-Adaptive Window to Adaptive Window. The order to get the results to solve the problem. While the secondary data analysis and research support. The results, the performance of Adaptive Window can approach of thermal comfort, especially in dry season. Can reduce the overall humidity and temperature. The performance of Adaptive Window also maintain humidity and temperature from extremes movement in humidity and temperature.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/426/051309334
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 690 Construction of buildings
Divisions: Fakultas Teknik > Arsitektur
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 06 Nov 2013 15:02
Last Modified: 21 Oct 2021 11:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142156
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (7MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item