Pengontrolan Kecepatan Motor DC pada Penyimpanan Tempe Menggunakan Sinar Ultraviolet Berbasis Kontrol Logika Fuzzy

Agustin, Rissa (2013) Pengontrolan Kecepatan Motor DC pada Penyimpanan Tempe Menggunakan Sinar Ultraviolet Berbasis Kontrol Logika Fuzzy. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Tempe merupakan makanan yang sangat populer. Sejalan dengan meningkatnya konsumsi tempe mendorong berkembangnya industri pengolahan tempe untuk menghasilkan tempe yang berkualitas. Salah satu cara alternatif yaitu menggunakan radiasi UV yang dapat mempertahankan kualitas tanpa mempengaruhi kandungan didalam tempe. Alternatif untuk memperlambat perkembangbiakan kapang ini adalah dengan diputar dan disinari menggunakan pancaran radiasi sinar ultraviolet (UV) C dengan panjang gelombang 254 nm. Dalam perencanaan pembuatannya menggunakan kontrol logika fuzzy. Kontrol logika fuzzy merupakan alternatif sistem kendali modern yang mudah karena tidak perlu dicari model matematis dari suatu sistem, tetapi tetap efektif karena memiliki respon sistem yang stabil. Alat penyimpan tempe direncanakan diputar oleh motor arus searah atau direct current (DC)yang dikontrol oleh mikrokontroler AT89S52. Sensor yang digunakan yaitu sensor suhu LM35 dan potensiometer. Hasil pengujian terhadap aplikasi kontrol logika fuzzy menunjukkan bahwa respon sistem untuk tiap setpoint didapatkan nilai duty cycle dan tegangannya. Untuk sudut setpoint cepat duty cycle=85,6% dan Vin=4,25 V. Untuk setpoint sedang duty cycle=73,5% dan Vin=3,63 V. Untuk setpoint lambat duty cycle=62,3% dan Vin=3,06 V. Hal ini menunjukkan bahwa sistem sudah bekerja sesuai yang direncanakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/419/051309000
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 30 Oct 2013 15:22
Last Modified: 21 Oct 2021 11:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142148
[thumbnail of Skripsi.pdf]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item