Perbaikan Waktu Set-Up Dengan Pendekatan Single Minute Exchange Of Dies (SMED) Untuk Mengurangi Unnecessary Motion Waste

Prasetyowati, NovitasariPutri (2013) Perbaikan Waktu Set-Up Dengan Pendekatan Single Minute Exchange Of Dies (SMED) Untuk Mengurangi Unnecessary Motion Waste. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

PT. Berlina Tbk merupakan perusahaan yang bergerak pada sektor industri kemasan plastik mempunyai variasi produk yang sangat beragam, dan mungkin akan terus berubah dan bertambah sesuai dengan permintaan konsumen. Perbedaan bentuk dan spesifikasi dari produk menuntut mesin yang fleksibel dengan kemampuan cepat dilakukan perubahan set-up dan adjustment. Apabila kerugian waktu akibat dipergunakan untuk melakukan set-up mesin dapat direduksi, maka efektifitas mesin dapat ditingkatkan. Untuk dapat memperbaiki waktu set-up dengan mereduksi gerakan yang tidak perlu (unnecessary motion waste) pada mesin injection stretch blow moulding maka digunakan pendekatan dengan metode SMED. Langkah pertama yang dilakukan dalam metode SMED adalah melakukan observasi, dokumentasi, dan pemetaan langkah-langkah set-up sebelum perbaikan (existing). Langkah kedua adalah memisahkan antara aktivitas internal set-up dan eksternal set-up. Langkah ketiga, mengkonversi aktivitas internal set-up menjadi eksternal set-up. Langkah keempat, melakukan analisa dan perbaikan elemen gerakan kerja dengan cara penghilangan (eliminasi), kombinasi, dan otomasi serta melakukan pengukuran waktu tidak langsung untuk mendapatkan waktu set-up setelah perbaikan. Langkah terakhir adalah memetakan kembali rancangan metode kerja baru. Hasil observasi menunjukkan bahwa proses set-up sebelum perbaikan (existing) teridentifikasi sebanyak 77 aktivitas yang terdiri dari 75 aktivitas internal set-up dan 2 idle. Berdasarkan analisa dan evaluasi ketergantungan aktivitas terhadap status mesin, terdapat 4 aktivitas yang dapat dikonversi menjadi aktivitas eksternal set-up dari 75 aktivitas internal set-up. Perbaikan aktivitas dengan berdasarkan analisa elemen gerakan kerja, terdapat 7 (4, 6, 7, 13, 23, 17, 48) aktivitas yang dapat memberikan dampak signifikan terhadap perbaikan waktu set-up. Reduksi waktu set-up yang dapat dihasilkan penelitian dengan menerapkan metode SMED adalah sebesar 43,71%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/40/051302092
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 09 Apr 2013 09:05
Last Modified: 21 Oct 2021 11:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142130
[thumbnail of NOVITASARI_PUTRI_PRASETYOWATI__0910670076_.pdf]
Preview
Text
NOVITASARI_PUTRI_PRASETYOWATI__0910670076_.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of JURNAL_NOVITASARU_PUTRI_PRASETYOWATI__0910670076_.pdf]
Preview
Text
JURNAL_NOVITASARU_PUTRI_PRASETYOWATI__0910670076_.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item