Evaluasi Kinerja Terminal Tipe B Mojosari Mojokerto

Betaryanto, Danariawan (2013) Evaluasi Kinerja Terminal Tipe B Mojosari Mojokerto. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring dengan perkembangan di Kabupaten Mojokerto, Kecamatan Mojosari direncanakan beralih status menjadi Ibukota Kabupaten. Untuk menyiapkan prasarana yang mendukung peningkatan pergerakan, Pemerintah kabupaten melakukan pengembangan Terminal Mojosari menjadi tipe B. Dalam kenyataanya pengembangan dan pemindahan lokasi terminal membuat kinerja operasional yang ada tidak bekerja secara optimal. Ini disebabkan jauhnya lokasi tarikan pergerakan seperti pasar, kantor dan sekolahan sehingga membuat para penumpang enggan untuk transit di dalam terminal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kurang berfungsinya terminal sehingga nantinya dapat memberikan solusi arahan dalam upaya pengembangannya. Metode dalam penelitian ini mengevaluasi kinerja operasional terminal dengan variabel volume dan kapasitas, fasilitas, dan lokasi, serta menggunakan metode analisis IPA (Importance Performance Analysis), IFE (Internal Factor Evaluatiom), EFE (External Factor Evaluation), dan SWOT (Strenght, Weakness, Oppurtunity, Threaths). Survei dilakukan di dalam terminal dan di APK (Areal Parkir Kendaraan) pada jam operasional hari Senin dan Rabu, untuk mengetahui volume angkutan umum dan penumpang yang melakukan transit baik di dalam maupun di luar Terminal Mojosari. Dilakukan juga survei fasilitas terminal serta survei wawancara kuisoner kepada responden (penumpang sebanyak 150 dan operator angkutan umum sebanyak 135) dan beberapa instansi terkait masing-masing 10 responden. Studi ini menggunakan analisis kualitatif dan kuantatif. Analisis kualitatif digunakan untuk penilaian terhadap persepsi penumpang dan pengemudi tentang tingkat pelayanan terminal. Sedang analisis kuantitatif yaitu analisis untuk memetakan volume penumpang dan volume angkutan penumpang dalam Terminal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja operasional Terminal Mojosari kurang berfungsi secara optimal dengan total angkutan umum yang masuk hanya 26,42%. Dari data analisis tingkat kepentingan (IPA) diperoleh data bahwa banyak dari penumpang dan operator angkutan umum (sopir) yang merasa tidak puas pada atribut kemudahan dicapai dengan tingkat kesesuaian masing-masing sebesar (33,29%) dan (32,26%). Dari hasil analisis IFE didapatkan skor sebesar 2,166 dan EFE dengan skor 2,08. Hal ini semakin menguatkan bahwa Terminal Mojosari tidak mampu memaksimalkan kekuatan dan peluang yang ada serta tidak mampu mengatasi kelemahan dan ancaman yang ada. Untuk mengetahui pemecahan masalah kinerja operasional Terminal Mojosari perlu dilakukan analisis SWOT sehingga didapatkan strategi-strategi yang tepat dalam usaha mengoptimalkan kinerja operasional Terminal Mojosari. Strategi SO: merubah taman menjadi taman hiburan, WO: membangun pusat perbelanjaan di Terminal, ST: mensosialisasikan rancangan MRT (Mass Rapid Transportation) baru, WT: meningkatkan pengawasan dan penertiban di APK. Untuk dapat merealisasikan strategi yang telah ada maka diperlukan ketegasan pemerintah setempat agar Terminal Mojosari berfungsi secara optimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/303/051307579
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 624 Civil engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 07 Nov 2013 09:52
Last Modified: 07 Nov 2013 09:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142026
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item