Rancang Bangun Sistem Pengolah Sinyal Remote Display Pada Marine Radar Menggunakan MATLAB

Alam, Sahirul (2013) Rancang Bangun Sistem Pengolah Sinyal Remote Display Pada Marine Radar Menggunakan MATLAB. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Marine radar secara umum digunakan sebagai alat navigasi juga piranti keselamatan pada transportasi laut untuk mencegah terjadinya tabrakan. Salah satu contoh marine radar adalah Furuno 1932 Mark-2, yang merupakan jenis radar pulsa X-band non-doppler. Kelemahan radar ini adalah tampilannya yang menggunakan monitor crt monokrom warna hijau untuk menampilkan target. Pada skripsi ini akan dibahas mengenai pembuatan sistem display radar menggunakan GUI Matlab yang memiliki kelebihan dalam menampilkan target dengan gradasi warna berdasarkan kuat sinyal radar yang dipantulkannya. Untuk dapat menampilkan radar map pada sistem display, sinyal radar perlu diproses dalam beberapa tahapan. Pertama adalah proses sampling untuk mendapatkan data sinyal radar dalam bentuk diskrit. Selanjutnya data diproses dengan program pengolah sinyal radar yang meliputi target mapping, gain control, dan clutter control hingga menjadi citra radar map. Hasil akhir citra radar map kemudian ditampilkan pada GUI display radar. Sistem display radar yang telah dibuat kemudian diuji dengan sinyal radar asli untuk menampilkan radar map dengan beberapa pengaturan, di antaranya pengaturan satuan dan jangkauan radar, gain control, dan clutter control. Radar map yang dihasilkan sistem display radar mirip dengan radar map pada display radar Furuno dan dengan gradasi warna. Waktu yang diperlukan untuk melakukan simulasi dengan sistem display yang telah dibuat lebih lama dibandingkan dengan display radar Furuno, sehingga simulasi hanya bisa dilakukan secara non-real time.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/302/051307578
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 30 Oct 2013 12:01
Last Modified: 21 Oct 2021 11:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142025
[thumbnail of LAPORAN_SKRIPSI.pdf]
Preview
Text
LAPORAN_SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item