Perbaikan Pelayanan Perpustakaan Berdasarkan Integrasi Dimensi Kualitas Jasa Dan Pendekatan Perilaku Konsumen (Studi Kasus Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang),

Mardiono, Intan (2013) Perbaikan Pelayanan Perpustakaan Berdasarkan Integrasi Dimensi Kualitas Jasa Dan Pendekatan Perilaku Konsumen (Studi Kasus Perpustakaan Universitas Brawijaya Malang),. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perpustakaan UB merupakan prasarana penting bagi civitas akademika untuk melaksanakan penelitian dan pembelajaran di perguruan tinggi. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang pesat, perilaku konsumen mengalami perubahan, termasuk pengunjung perpustakaan. Sebagai lembaga yang memberikan pelayanan akademik, perpustakaan UB akan menghadapi permasalahan dalam meningkatkan kualitas layanannya apabila tidak menangani perubahan perilaku konsumen. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk memperbaiki kualitas layanan perpustakaan UB berdasarkan dimensi kualitas jasa dengan memperhatikan perilaku konsumen. Penelitian ini mempergunakan analisa perilaku konsumen, servqual , dan Importance-Performance Analysis (IPA) untuk mengevaluasi kualitas layanan perpustakaan. Perilaku konsumen dideskripsikan dalam pie chart mempergunakan statistik deskriptif. Servqual digunakan untuk menganalisis tingkat kepuasan pengunjung perpustakaan. Dimensi kualitas jasa servqual meliputi tangible (bukti fisik), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan empathy (empati). Tingkat kepuasan pelanggan mencerminkan performansi layanan. Dengan menganalisa posisi kuadran dalam diagram Kartesius sesuai tingkat kepentingan dan performansinya, IPA menentukan atribut-atribut kualitas yang menjadi prioritas perbaikan. Setelah dilakukan analisis servqual dan IPA, rekomendasi perbaikan diformulasikan dengan mempertimbangkan perubahan perilaku konsumen yang terjadi pada pengunjung perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan data perilaku konsumen, nilai kepuasan terhadap layanan perpustakaan dan nilai kepentingan atribut kualitas layanan. Analisa perilaku konsumen mendeskripsikan bahwa sebagian besar pengunjung perpustakaan sering mempergunakan internet dan lebih banyak menggali pustaka secara elektronik. Hasil pengolahan data menunjukkan bahwa terdapat 64,64% dari 22 atribut dirasa puas oleh pengunjung perpustakaan dan terdapat 36,64% dari 22 atribut dirasa kurang puas oleh pengunjung perpustakaan. Nilai rata-rata kepuasan pengunjung perpustakaan pada angka 2,79 skala likert yang bermakna pengunjung merasa kurang puas dengan layanan yang diberikan. Nilai rata-rata kepentingan pada angka 3,526 skala likert yang bermakna atribut-atribut kualitas jasa tersebut cukup penting dalam pelayanan perpustakaan. Berdasarkan analisa gap pada servqual , terdapat 14 atribut kualitas yang perlu untuk diperbaiki. Selanjutnya berdasarkan analisa diagram kartesius pada IPA, prioritas dipertajam menjadi 10 atribut kualitas. Penelitian ini mengusulkan 4 rekomendasi perbaikan meliputi peningkatan kapasitas server dan jaringan teknologi informasi, perbaikan tata letak fasilitas perpustakaan, pelatihan pelayanan prima, serta pemberian alat bantu alas pijakan kaki.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/282/051307872
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 670 Manufacturing
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Industri
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Sep 2013 11:24
Last Modified: 21 Oct 2021 10:55
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/142003
[thumbnail of BAB_II_6-7-2013.pdf]
Preview
Text
BAB_II_6-7-2013.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_6-7-2013.pdf]
Preview
Text
BAB_III_6-7-2013.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_17-07-2013_2.pdf]
Preview
Text
BAB_I_17-07-2013_2.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV_24-7-2013.pdf]
Preview
Text
BAB_IV_24-7-2013.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V_17-7-2013_3.pdf]
Preview
Text
BAB_V_17-7-2013_3.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAGIAN_AWAL_25-7-2013.pdf]
Preview
Text
BAGIAN_AWAL_25-7-2013.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of cover_dan_berbagai_macam_perlengkapan.pdf]
Preview
Text
cover_dan_berbagai_macam_perlengkapan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA_17-7-2013_urut_1.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA_17-7-2013_urut_1.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of lampiran_17-7-2013.pdf]
Preview
Text
lampiran_17-7-2013.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item