Perencanaan Pengembangan Jaringan Distribusi Air Bersih Di Perumahan Villa Bukit Tidar Kota Malang.

Irawanto, Tedy (2013) Perencanaan Pengembangan Jaringan Distribusi Air Bersih Di Perumahan Villa Bukit Tidar Kota Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perumahan Villa Bukit terletak di sebelah barat kota Malang tepatnya di Kelurahan Genting Kecamatan Lowokwaru, Perumahan tersebut di bangun pada tahun 1997-1998 sedangkan pada awal tahun 2012 Perumahan Villa Bukit Tidar kembali melakukan pengembangan pembangunan perumahan, hal ini disebabkan karena meningkatnya jumlah penduduk yang semakin meningkat setiap tahunnya. Pemenuhan kebutuhan air bersih pada area perencanaan pengembangan di Perumahan Villa Bukit Tidar ini memanfaatkan sebuah sumber yang berasal dari sumur bor (sumur dalam) yang memiliki kapasitas debit sebesar 10 Liter/detik. Tujuan dari diadakannnya studi ini adalah yaitu menghitung kebutuhan air baku pada lokasi studi dan merencanakan pengembangan sistem jaringan distribusi air bersih di Perumahan Villa Bukit Tidar berupa instalasi jaringan pipa bawah tanah, untuk mendukung proses penyelesaian pembuatan perencanaa jaringan pipa maka dibutuhkan perangkat software yang sesuai yaitu Watercad ver 8 XM Edition, Program ini berfungsi untuk menganalisis aliran air yang mengalir di dalam pipa dan dapat mengetahui tekanan yang terjadi pada masing-masing pipa. Hasil dari studi ini dapat diketahui hasil perhitungan kebutuhan air bersih di Perumahan Villa Bukit Tidar dengan jumlah layanan air bersih sebelum pengembangan yaitu sebesar 788 unit dan setelah adanya pengembangan jumlahnya bertambah menjadi 1.612 unit, dan jumlah debit yang dibutuhkan pada daerah layanan sebelum adanya pengembangan yaitu 4,74 Liter/detik dan setelah dikembangkan jumlahnya bertambah menjadi 9,7 Liter/detik, sedangkan debit yang dihasilkan pada sumur 1 yaitu sebesar 10 Liter/detik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa debit yang dibutuhkan pada daerah layanan lebih dari cukup. Selain itu juga didapatkan jumlah pipa dan diameter yang akan direncanakan yaitu pipa Ø 6 memiliki panjang total 517m dengan jumlah pipa sebanyak 48 buah, pipa Ø 3 memiliki panjang total 177m dengan jumlah pipa sebanyak 22 buah, pipa Ø 2 memiliki panjang total 2389m dengan jumlah pipa sebanyak 167 buah, pipa Ø 1,5 memiliki panjang total 1721m dengan jumlah pipa sebanyak 388 buah, pipa Ø 1 memiliki panjang total 3188m dengan jumlah pipa sebanyak 797 buah. Selain itu simulasi yang dilakukan dengan menggunakan program Watercad ver 8 XM Edition bahwa pola aliran pada pipa yang direncanakan telah sesuai dengan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/260/051306806
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 04 Sep 2013 10:41
Last Modified: 21 Oct 2021 05:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141981
[thumbnail of Cover_SkripsI_BARU.pdf]
Preview
Text
Cover_SkripsI_BARU.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of abstrak.pdf]
Preview
Text
abstrak.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III.pdf]
Preview
Text
BAB_III.pdf

Download (12MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV.pdf]
Preview
Text
BAB_IV.pdf

Download (8MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V.pdf]
Preview
Text
BAB_V.pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item