Analisis Kualitas Jaringan Internet Berbasis High Speed Downlink Packet Access (HSDPA) pada Wilayah Urban di Kota Malang dengan Metode Drive Test.

Riyasa, DistaNarulina (2013) Analisis Kualitas Jaringan Internet Berbasis High Speed Downlink Packet Access (HSDPA) pada Wilayah Urban di Kota Malang dengan Metode Drive Test. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

HSDPA merupakan teknologi 3,5G yang merupakan pengembangan dari teknologi 3G atau UMTS yang berbasis WCDMA. Pada teknologi HSDPA kecepatan akses kanal downlink mencapai 14,4 Mbps dan bandwidth 5 MHz. Teknologi HSDPA menawarkan fitur-fitur tambahan yang dapat mengurangi nilai delay dan menaikkan nilai throughput . Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi nilai delay dan throughput adalah faktor utilisasi dan redaman propagasi atau pathloss. Wilayah urban merupakan wilayah perkotaan yang memiliki faktor utilisasi dan nilai pathloss yang beragam karena kepadatan penduduknya yang tinggi dan memiliki gedung-gedung dengan ketinggian yang beragam. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengamati kualitas jaringan internet yang meliputi delay end-to-end , probabilitas packet loss , dan throughput pada wilayah urban di Kota Malang, yaitu di Universitas Brawijaya. Metode yang digunakan pada skripsi ini adalah metode drive test yang dilakukan oleh salah satu provider telekomunikasi di Indonesia, kemudian hasil pengukuran tersebut akan dibandingkan dengan perhitungan secara teori. Hasil analisis membuktikan bahwa semakin tinggi gedung yang menjadi penghalang dalam propagasi gelombang, maka semakin besar nilai pathloss yang didapatkan. Dari hasil analisis didapatkan, jika semakin besar faktor utilisasi, maka semakin besar nilai delay end-to-end, hal tersebut ditunjukkan pada saat faktor utilisasi mengalami kenaikan sebesar 88,89 %, maka nilai delay end-to-end mengalami kenaikan sebesar 27,78 %. Semakin besar nilai pathloss , maka semakin besar nilai probabilitas packet loss yang menyebabkan menurunnya nilai throughput, hal tersebut ditunjukkan pada saat nilai pathloss mengalami kenaikan sebesar 9,07 %, maka nilai throughput mengalami penurunan sebesar 56 %.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/232/051306565
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 02 Sep 2013 13:22
Last Modified: 02 Sep 2013 13:22
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141950
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item