Perancangan Dan Pembuatan Sensor Curah Hujan Tipe Tipping Bucket Dengan Tampilan Lcd

Saputra, HendraDwi (2013) Perancangan Dan Pembuatan Sensor Curah Hujan Tipe Tipping Bucket Dengan Tampilan Lcd. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemanfaatan hujan yang tepat dapat memberikan keuntungan yang banyak. Untuk itu diperlukan pemetaan wilayah curah hujan. Hal ini bertujuan agar dapat menentukan tingkatan siaga bencana untuk masing-masing daerah. Dalam pemetaan dibutuhkan alat untuk menghitung curah hujan yang turun. Di pasaran hanya terdapat alat ukur secara manual, sedangkan tidak tersedia alat ukur curah hujan yang dapat mengukur secara otomatis dan langsung melainkan diperlukan peralatan tambahan secara terpisah. Selain itu hasil pengukuran tidak dapat dilihat oleh publik. Oleh karena itu dibutuhkan alat yang bekerja secara otomatis yang dapat menampilkan hasil pengukuran secara langsung dan dapat dilihat langsung oleh publik. Dengan demikian masyarakat dapat melihat dan mengukur curah hujan yang turun. Pada perancangan dan pembuatan sensor curah hujan ini, sensor yang akan dibuat adalah tipe tipping bucket dengan resolusi pengukuran 0,5 mm. Hasil pengukuran ditampilkan melalui LCD Dot Matrix 2 x 16 karakter. Sensor yang dibuat dapat menyimpan data selama 24 jam. Selain itu, data hasil pengukuran dapat dikirm melalui komunikasi serial dan ditampilkan pada komputer, serta disimpan dalam bentuk database.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/137/051304867
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 03 Jun 2013 10:44
Last Modified: 21 Oct 2021 03:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141852
[thumbnail of Laporan_Skripsi_-_Perancangan_dan_Pembuatan_Sensor_Curah_Huja.pdf]
Preview
Text
Laporan_Skripsi_-_Perancangan_dan_Pembuatan_Sensor_Curah_Huja.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item