Pengaruh Variasi Jarak Antar Wire Mesh Terhadap Karakteristik Pembakaran Pada Meso-Scale Combustor

P, MuhAndyRaditya (2013) Pengaruh Variasi Jarak Antar Wire Mesh Terhadap Karakteristik Pembakaran Pada Meso-Scale Combustor. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Meso-scale combustor merupakan komponen penting dari micro power generator yang berfungsi merubah energi kimia bahan bakar menjadi energi termal. Penelitian-penelitian sebelumnya pada meso-scale combustor telah dilakukan dengan menggunakan quartz glass tube yang disisipkan single wire mesh. Hasil yang dicapai api dapat stabil didalam combustor namun dengan debit reaktan yang relatif kecil, apabila debit reaktan diperbesar lagi maka api akan mengalami blow off. Maka dari itu dalam penelitian ini penulis menggunakan double wire mesh dimana hasil yang diharapkan nantinya, wire mesh kedua dapat mencegah blow off api pada downstream wire mesh pertama. Penelitian yang dilakukan menggunakan bahan bakar LPG dan udara sebagai oksidator. Sedangkan meso-scale combustor menggunakan material quartz glass tube dengan diameter dalam 4 mm, dan combustor menggunakan double wire mesh dengan variasi masing-masing jarak antar wire mesh 3 mm, 4 mm, dan 5 mm. Api dipantik dan distabilkan pada downstream wire mesh pertama dan nantinya tiap interval debit bahan bakar dan udara tertentu diambil visualisasi combustor combustor tampak samping dan tampak depan hingga api dalam combustor mengalami extinguish. Api pada meso-scale combustor hanya dapat distabilkan pada downstream wire mesh pertama dan wire mesh kedua terlihat merah menyala, namun wire mesh kedua tidak dapat menjadi flame holder. Semakin besar jarak antar wire mesh maka semakin besar panjang dan penampang api yang terbentuk. Sedangkan semakin pendek jarak antar wire mesh, wire mesh kedua terlihat semakin merah menyala. Pada penambahan debit bahan bakar dengan kondisi stoikiometri, semakin besar debit bahan bakar, warna api cenderung sedikit semakin terang. Sedangkan wire mesh kedua terlihat semakin merah menyala. Sedangkan semakin besar debit bahan bakar maka wire mesh kedua terlihat semakin merah menyala. Meso-scale combustor dengan jarak antar wire mesh 5 mm, memiliki daerah flammabilty limit yang lebih luas khususnya pada daerah lower limit, dibanding meso-scale combustor dengan jarak antar wire mesh 4 mm dan 3 mm. Pada combustor dengan jarak antar wire mesh 5 mm daerah lower limit-nya dapat mencapai angka rasio ekuivalen terendah hingga 0,71, sedangkan pada combustor dengan jarak antar wire mesh 4 mm daerah lower limit-nya mencapai 0,77, dan combustor dengan jarak antar wire mesh 3 mm lower limit terendahnya 0,8.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2013/101/051304571
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 03 Jun 2013 10:03
Last Modified: 21 Oct 2021 02:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141817
[thumbnail of 1_Cover,_lbr_persetujuan,_lbr_pengesahan.pdf]
Preview
Text
1_Cover,_lbr_persetujuan,_lbr_pengesahan.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 2_Daftar_isi,_tabel,_gbr,smbol.pdf]
Preview
Text
2_Daftar_isi,_tabel,_gbr,smbol.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3_BAB_I.pdf]
Preview
Text
3_BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 4_BAB_II.pdf]
Preview
Text
4_BAB_II.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 5_BAB_III.pdf]
Preview
Text
5_BAB_III.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 6_BAB_IV.pdf]
Preview
Text
6_BAB_IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 7_BAB_V.pdf]
Preview
Text
7_BAB_V.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 8_Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
Text
8_Daftar_Pustaka.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item