Pengaruh Temperatur Larutan Electrolit Dan Jarak Elektroda Terhadap Laju Korosi Pada Hasil Pelapisan Electroplating Hard Chrome

Yusron,RifkyMaulana (2012) Pengaruh Temperatur Larutan Electrolit Dan Jarak Elektroda Terhadap Laju Korosi Pada Hasil Pelapisan Electroplating Hard Chrome. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Baja ASSAB 618S adalah campuran Cr-Ni-Mo yang sering digunakan untuk pembuatan mur, pasak dan alat permesinan pada industri petrolium sering tidak bekerja optimal dikarenakan tingkat keasaman yang tinggi dan berakibat pada pengkorosian komponen-komponen mesin tersebut . Electroplating adalah salah satu cara memperbaiki sifat mekanik dari baja ASSAB 618S. Pada proses electroplating, chrome banyak dipakai karena lapisan chrome mempunyai sifat yang tahan terhadap korosi, dapat dipergunakan secara luas dalam aplikasi yang membutuhkan ketahanan terhadap ketahanan korosi. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian eksperimental ( experimental research ). Variabel bebas dalam penelitian ini adalah temperatur larutan elektrolit dengan variasi 55oC ; 60oC ; 65oC dan 70oC. Variabel terikat pada penelitian ini adalah laju korosi pada hasil pelapisan electroplating hard chrome . Variabel terkontrol pada penelitian ini adalah jarak elektroda dengan variasi 3 dan 9 cm. Dari hasil penelitian diketahui bahwa temperatur larutan elektrolit, jarak elektroda , dan interaksi antara temperatur larutan elektrolit dan jarak elektroda berpengaruh secara nyata terhadap laju korosi hasil pelapisan electroplating hard chrome . Nilai laju korosi tertinggi didapat dari variasi temperatur larutan elektrolit 55oC dan jarak elektroda 9 cm sebesar, sebesar 4,9546x10-1 mmpy. Nilai laju korosi terendah didapat pada variasi temperatur larutan elekrolit 70oC dan jarak elektroda 3 cm yaitu sebesar 4,9982.10-5 mmpy. Hal ini dikarenakan semakin meningkat temperatur larutan elektrolit dan semakin dekat jarak elektroda maka akan meningkatkan ikatan antar ion logam pelapis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/86/051201066
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 14 Aug 2012 09:42
Last Modified: 21 Oct 2021 02:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141800
[thumbnail of abstract.pdf]
Preview
Text
abstract.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of lampiran.pdf]
Preview
Text
lampiran.pdf

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of makalah.pdf]
Preview
Text
makalah.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item