Alat Pendeteksi Kadar Karbon Monoksida (CO) DALAM Darah Berbasis Atmega 8535

Prasetiawan, IrvanNoviar (2013) Alat Pendeteksi Kadar Karbon Monoksida (CO) DALAM Darah Berbasis Atmega 8535. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Semakin banyaknya polusi di udara kesehatan seseorang semakin menurun hal ini dikarenakan banyaknya gas CO yang terhisap dan mengendap dalam tubuh. Untuk itu dalam penelitian ini dibuat alat untuk mendeteksi kadar CO dalam darah seseorang. Alat ini dirancang menggunakan sensor warna yang didesain untuk mengenali warna objek berupa darah. Sensor warna akan memberikan sinyal analog kemudian akan diproses ke ADC internal mikrokontroler. Rangkaian filter dipasang sebelum masuk ke ADC rangkaian ini bertujuan untuk mengurangi noise yang dikeluarkan oleh sensor warna. Mikrokontroler akan memproses sinyal yang sudah di filter dan hasil dari proses tersebut akan di tampilkan pada layer LCD berupa persentase kadar COHb pada darah objek. Hasil dari pengujian ini berupa persentase kadar CO dalam darah yang ditampilkan pada LCD. Nilai kesalahan (error) pengujian tertinggi adalah 11.1% sedangkan nilai kesalahan rata-rata pengujian keseluruhan alat adalah 3.2%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/626/051302105
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics > 621.3 Electrical, magnetic, optical, communications, computer engineering; electronics, lighting
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 05 Apr 2013 09:43
Last Modified: 21 Oct 2021 02:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141768
[thumbnail of ALAT_PENDETEKSI_KADAR_KARBON_MONOKSIDA.pdf]
Preview
Text
ALAT_PENDETEKSI_KADAR_KARBON_MONOKSIDA.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Makalah_semhas.pdf]
Preview
Text
Makalah_semhas.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of proposal_fix.pdf]
Preview
Text
proposal_fix.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item