Analisis Produktivitas Dengan Pendekatan Model The American Productivity Center (APC) (Studi Kasus pada PT.Wonojati Wijoyo)

H, SheilaPatricia (2013) Analisis Produktivitas Dengan Pendekatan Model The American Productivity Center (APC) (Studi Kasus pada PT.Wonojati Wijoyo). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Produktivitas merupakan salah satu tolak ukur yang sangat penting dalam menentukan keberhasilan suatu perusahaan. Produktivitas sangat berpengaruh terhadap profitabilitas yang mampu dihasilkan oleh suatu perusahaan. Perusahaan yang berhasil dan memiliki masa depan lebih baik merupakan perusahaan yang memiliki tingkat produktivitas dan profitabilitas tinggi. Oleh karena itu, diperlukan pengukuran produktivitas pada perusahaan secara lebih cermat dan berkesinambungan. PT. Wonojati Wijoyo merupakan perusahaan kayu jati yang bergerak dalam bidang ekspor produk kayu jati. Selama ini, PT. Wonojati Wijoyo belum pernah melakukan pengukuran produktivitas secara analitis. Perusahaan hanya mengukur profit yang merupakan nilai dari output yang dihasilkan, namun belum pernah melakukan pengukuran profitabilitas dan produktivitas, serta belum mengetahui secara lebih detail mengenai faktor apa saja yang mempengaruhi ketidakstabilan keduanya. Dengan adanya penelitian ini, dapat diketahui tingkat produktivitas dan profitabilitas yang telah dicapai perusahaan selama beberapa periode serta faktor apa saja yang mempengaruhi ketidakstabilan produktivitas dan profitabilitas perusahaan. Sehingga perusahaan dapat lebih baik dalam membuat perencanaan yang akan datang dengan perbaikan pada faktor-faktor yang berpengaruh. Output yang digunakan pada penelitian ini yaitu produk berupa meja kayu, kursi kayu dan lantai kayu dengan input modal, material, tenaga kerja, dan energi. Perhitungan tingkat produktivitas dan profitabilitas dengan menggunakan metode APC (American Productivity Center), penentuan faktor utama yang paling berpengaruh terhadap produktivitas dan profitabilitas dengan AHP (Analytical Hierarchy Process). Seluruh perhitungan dilakukan dengan menggunakan software aplikasi Microsoft Excell. Dari hasil perhitungan didapatkan nilai indeks produktivitas dan profitabilitas. Produktivitas total tertinggi yaitu pada periode 2009 sebesar 127,2%. Sedangkan tingkat profitabilitas total tertinggi yaitu pada periode 2008 sebesar 98,27%. Kemudian, dari 4 faktor utama, yaitu material, modal, energi dan tenaga kerja, didapatkan hasil perhitungan dengan modal sebagai faktor yang paling berpengaruh terhadap kestabilan produktivitas dan profitabilitas perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/575/051205579
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Hasbi
Date Deposited: 30 Jan 2013 10:03
Last Modified: 21 Oct 2021 01:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141723
[thumbnail of ANALISIS_PRODUKTIVITAS_DENGAN_PENDEKATAN_MODEL_APC.pdf]
Preview
Text
ANALISIS_PRODUKTIVITAS_DENGAN_PENDEKATAN_MODEL_APC.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item