Pengaruh Variasi Jumlah Lubang Convergent Turbulator Pada Intake Manifold Terhadap Kinerja Motor Bensin Berbahan Bakar Biogas

Setyawan,NurDwi (2012) Pengaruh Variasi Jumlah Lubang Convergent Turbulator Pada Intake Manifold Terhadap Kinerja Motor Bensin Berbahan Bakar Biogas. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Ketersediaan bahan bakar fosil di alam semakin menipis dari tahun ke tahun, khususnya bahan bakar bensin. Pemanfaatan biogas sebagai bahan bakar pada kendaraan bermotor khususnya motor bensin, merupakan alternatif yang ideal untuk mengurangi tekanan permintaan bahan bakar fosil dan penghematan penggunaan cadangan devisa. Motor bensin lebih banyak digunakan karena dikenal sebagai mesin yang responsif, dimana karakter torsi, daya dan kemampuan berputarnya tinggi. Unjuk kerja motor bensin ditentukan oleh peran aktif dari kesempurnaan proses pembakaran, karena kesempurnaan proses pembakaran akan mengurangi emisi gas buang yang dihasilkan motor bensin. Maka digunakanlah motor bensin berbahan bakar biogas dan upaya untuk mengurangi emisi gas buang dilakukan penambahan alat berupa c onvergent turbulator. Pada penelitian ini menggunakan metode dengan memasang alat tambahan berupa c onvergent turbulator yang dipasang antara mixer dan intake manifold dari kendaraan bermotor karisma 125 cc . Kemudian bahan bakar berupa biogas dialirkan melalui pipa kapiler yang selanjutnya dimasukkan ke ruang bakar melalui mixer. Pengambilan data dilakukan untuk masing-masing variable, dengan variabel bebas yang pertama adalah jumlah lubang Convergent turbulator berjumlah 6, 7, dan 8. Dan variable bebas kedua yaitu putaran mesin sebesar 5500, 5700, 5900, 6100, 6300, dan 6500. Untuk mengontrol pengambilan data maka dibuat variable control yaitu sudut pengapian diatur sebesar 39˚, sudut c onvergent turbulator 20˚ dan bukaan throttle 100%. Variable terikatnya yaitu torsi, daya efektif, konsumsi bahan bakar spesifik efektif, efisiensi termal efektif dan emisi gas buang. Didapatkan bahwa semakin banyak jumlah lubang pada convergent turbulator, maka kinerja dari motor bakar akan semakin meningkat dan emisi gas buang semakin menurun. Hal ini disebabkan oleh semakin banyaknya jumlah lubang pada convergent turbulator akan menyebabkan meningkatnya intensitas turbulensi meningkat, sehingga campuran antar bahan bakar dan udara semakin homogen yang mengakibatkan pembakaran sempurna pada ruang bakar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/57/051200920
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 621 Applied physics
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Mesin
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 07 Aug 2012 10:03
Last Modified: 20 Oct 2021 17:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141719
[thumbnail of Cover_dan_Lemper.pdf]
Preview
Text
Cover_dan_Lemper.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_ISI.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_ISI.pdf

Download (2MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I.pdf]
Preview
Text
BAB_I.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II.pdf]
Preview
Text
BAB_II.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of DAFTAR_PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item