EvaluasiHasilInstrumentasiPemantauKeamananRembesanPadaAlatUkur Piezometer Dan V- Notch BendunganSutamiJawaTimur

Anastasia, Peppy (2012) EvaluasiHasilInstrumentasiPemantauKeamananRembesanPadaAlatUkur Piezometer Dan V- Notch BendunganSutamiJawaTimur. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Skripsiinibertujuanuntukmengevaluasikeamananrembesan di BendunganSutamidenganmenganalisis debit rembesan di tubuhbendunganmaupun di outlet bendungan. Padatubuhbendungan di evaluasidenganmembandingkanhasilpembacaanalatukurtekanan air poripiezometer hydraulicdenganperhitungansecarateoritik, selainitujugadianalisispolapenyebaranaliran (seepage), garisrembesan (phreatic line) dankapasitasrembesandenganmetodecassangrande. Sedangkanpadaoutlet bendungan di evaluasidenganmenggunakanalatukurrembesanv-notchdenganmenggunakanrumusthompson yang telahdikaliberasi dilapangan. Evaluasidilakukan di salahsatucross section padatubuhbendungandenganjumlahdelapanpiezometer hydraulicdengan data hasilpembacaantahun 2007-2011 yang kemudiandikategorikanmenjadibulanbasahdanbulankering.Dan padahasilpembacaanduaalatukurrembesanv-notchyang bekerja di outletBendunganSutami. Data yang digunakan adalah data elevasi muka air waduk, data tekanan air pori ditubuh bendungan pada alat ukur piezometer, data pengamatan tinggi air (h) di outlet bendungan pada alat ukur rembesan v-notch, data dimensi bendungan, data material penyusun tubuh bendungan dan data koefisien permeabilitas tubuh bendungan. Dari hasil evaluasi, polaaliranpadapengamatan di alatukurpiezometer danperhitunganteoritikmenunjukkan garis phreatic yang berbeda dimana selisihnya maksimum 3,17 meter dan padaelevasi +270,00,tanahmulaijenuholeh air.garisphreatichasilpengukuranalatukurtekanan air poripiezometer hydraulic danperhitunganteoritikdi BendunganSutamimenunjukkanbahwa garis phreatic hasillebihrendahdarigaris phreatic hasilperhitunganteoritik, sedangkandarihasilpengamatanrembesan yang diamati di alatukurv-notchjumlah debit rembesan yang keluarternyatalebihkecildibandingkandenganjumlah debit rembesanpadaperhitunganteoritik di tubuhbendungan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat, perludilakukanobservasi visual secarakontinyuterhadap kemungkinan terjadinya retakan-retakan permukaan akibat rembesan melalui tubuh bendungan terhadap kemungkinan terbawanya butiran tanah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FT/2012/534/051204734
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 627 Hydraulic engineering > 627.5 Reclamations, Irrigation, related topics > 627.52 Irrigation
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 23 Nov 2012 14:34
Last Modified: 20 Oct 2021 14:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/141688
[thumbnail of (1)_lembar_pengesahan,persetujuan,COVER.pdf]
Preview
Text
(1)_lembar_pengesahan,persetujuan,COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of (2)._KATA_PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
(2)._KATA_PENGANTAR.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of (3)._DAFTAR_ISI_FIX.pdf]
Preview
Text
(3)._DAFTAR_ISI_FIX.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of (4)._ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
(4)._ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_I_py.pdf]
Preview
Text
BAB_I_py.pdf

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB_II_py.pdf]
Preview
Text
BAB_II_py.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB_III_py.pdf]
Preview
Text
BAB_III_py.pdf

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of BAB_IV_py.pdf]
Preview
Text
BAB_IV_py.pdf

Download (6MB) | Preview
[thumbnail of BAB_V_py.pdf]
Preview
Text
BAB_V_py.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item